Apa Itu Proximity Sensor ?

Kegiatan yang satu ini pasti sering kita lakukan demi menghilangkan rasa rindu, menanyakan kabar, atau berbicara sesuatu hal yang tidak memungkinkan untuk bertemu. Yaitu Menelepon, merupakan suatu aktivitas berbicara/mendengarkan suara dengan seseorang menggunakan alat yang terhubung jenis kabel atau gelombang sinyal. Baik itu kita berbicara dengan teman, saudara, kerabat, maupun orang tua yang jauh jaraknya.

Namun pada saat ini menelepon menggunakan kabel sangatlah jarang digunakan. Zaman yang serba modern ini kita dimudahkan berkomunikasi dengan menggunakan alat yang bernama Handphone/telepon genggam (tanpa kabel) yang bisa terhubung dengan adanya gelombang sinyal. Handphone pada umumnya hanya berfungsi sebagai telepon dan SMS (Short Messages Service).

Dengan seiring berjalannya waktu Handphone semakin canggih dan memiliki berbagai fungsi tidak hanya Telepon atau SMS saja, tetapi kita juga bisa berkomunikasi dengan bertatap muka langsung dengan orang tersebut (video call), membaca informasi/berita lebih cepat, dan lain – lainnya. Dengan kecanggihan dan kepintaran alat tersebut maka disebutlah istilah smartphone/ponsel pintar.

Memiliki fungsi utama yang sama sebagai menelepon dan berkirim pesan/SMS. Smartphone untuk menjalankan aplikasinya menggunakan sistem operasi seperti iOS, Android, Blackberry, Windows Phone, dsb. Sehingga memiliki banyak keunggulan daripada Handphone diantaranya memudahkan kita dalam mencari informasi/berita terbaru, membuat dokumen, mengirim email, mengedit foto & video, menonton video, mendownload, dan masih banyak manfaat lainnya.

Taukah kamu ? jika kita menelepon menggunakan ponsel pintar/smartphone layar touch screen akan mati dengan sendirinya tanpa kita menekan tombol untuk mematikannya. Fitur tersebut bernama Proximity Sensor sudah banyak digunakan pada smartphone saat ini, baik itu smartphone yang harga murah ataupun mahal sekalipun.

APA ITU PROXIMITY SENSOR ?

Merupakan suatu sensor pendeteksi adanya sebuah objek/benda yang mendekatinya tanpa harus menyentuh. Fitur ini tidak akan berfungsi jika kita menelepon menggunakan hansfree atau loadspeaker/speaker phone.

Fitur ini biasanya di letakkan pada bagian atas smartphone berdampingan dengan earpice, yang berbentuk titik berwarna hitam dan berjumlah 1 atau 2 buah titik. Sensor ini akan terlihat jelas pada smartphone yang berwarna putih, gold, silver, pink, dan blue.

Kegunaan Proximity Sensor ialah menonaktifkan/mematikan layar saat kita menerima atau menelepon. Layar smartphone akan mati saat mendekat di telinga. Dengan adanya fitur ini maka akan terhindar dari ketidak sengajaan layar tertekan telinga atau pipi saat menelepon.

Itulah sedikit informasi mengenai Proximity Sensor, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembacanya. Jangan lupa untuk membaca artikel – artikrl lainnya. Terima kasih

By.Muhammad Khaidir

 

Mungkin Anda Menyukai

2 tanggapan untuk “Apa Itu Proximity Sensor ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *