Bahaya Membawa HP ke Kamar Mandi, Ini Alasannya

Saat ini tidak sedikit orang yang susah untuk lepas dari HP. Mereka membawa benda ini ke mana pun mereka pergi. Bahkan parahnya lagi, sebagian orang—mungkin termasuk Anda—membawa HP ke toilet. Padahal, kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan, lho.

Faktanya, membawa HP ke toilet sama saja dengan menjemput bakteri penyebab penyakit untuk berada di tubuh Anda. Yuk, kenali apa saja bahaya membawa HP ke toilet berikut ini.

1. Kamar Mandi Sumber Bakteri

Meski dibersihkan setiap hari, kamar mandi tetap menjadi sarang bakteri dan organisme lainnya yang tak kasat mata. Terlebih jika kamar mandi digunakan oleh banyak orang.

Mulai dari gagang pintu, dudukan toilet, tuas pembilas (flush), toilet jet spray, hingga keran air bisa menjadi sarang kuman. Efek membawa HP ke toilet berpotensi memindahkan dan menambahkan kuman ke dalam genggaman Anda.

2. Handphone Juga Sumber Bakteri

Sebelum Anda membawa HP ke toilet, Anda perlu tahu bahwa gawai sendiri merupakan salah satu benda yang paling sering menjadi tempat bakteri berkembang biak. Mengapa? Ini karena HP sering kali digunakan dan diletakkan di tempat yang belum tentu bersih.

Menurut penelitian, telepon seluler merupakan benda yang paling terkontaminasi bakteri bila dibandingkan dengan tempat duduk toilet. Karena itu, efek membawa HP ke toilet dapat meningkatkan risiko terjadi kontaminasi bakteri.

3. Memicu Gangguan Pencernaan

Salah satu bakteri yang mungkin menempel di telepon seluler Anda adalah bakteri Salmonela, penyebab utama dari penyakit yang disebarkan melalui makanan. Selain itu, terdapat pula bakteri Clostridium difficile. Keduanya dapat menyebabkan gangguan di saluran pencernaan.

4. Memicu Masalah di Kulit Wajah

Selain bakteri pemicu gangguan cerna, terdapat bakteri kelompok Staphylococcus. Hal inilah yang menyebabkan masalah di wajah sebagai efek membawa HP ke toilet. Mengingat HP bisa menempel di wajah Anda saat melakukan aktivitas menelepon.

5. Menjadi Distraksi Saat Proses Buang Air Besar

Membawa HP ke toilet membuat Anda semakin lama duduk di toilet akibat terdistraksi. Secara tak sadar, menggunakan handphone saat duduk di kamar mandi dapat meningkatkan tekanan di anus. Akibatnya, risiko terjadinya hemoroid atau ambeien pun meningkat.

6. Membuat Otak Lelah

Meski ingin produktif atau mendapatkan ide, bukan berarti Anda harus membawa HP ke toilet. Kebiasaan ini membuat otak Anda akan semakin lelah karena berkutat dengan e-mail, membalas chat, dan sebagainya.

Sebaiknya Anda memanfaatkan waktu di dalam toilet untuk beristirahat sejenak dan lepas gadget dalam beberapa waktu. Tidak ada masalah, bukan, jika hanya rehat 5-10 menit?

Jika harus terpaksa membawa HP ke toilet, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Selalu mencuci tangan, terutama setelah dari kamar mandi.
  • Cuci tangan menggunakan sabun dan air ke seluruh permukaan tangan, termasuk di sela-sela jari tangan dan di bawah kuku selama dua puluh detik.
  • Jika tangan Anda sudah bersih, hindari menyentuh langsung gagang pintu. Anda bisa menggunakan tisu saat menyentuh gagang pintu tersebut.
  • Jika tidak ada sabun dan air di sekitar Anda, gunakan cairan pembersih berbahan dasar alkohol untuk membersihkan tangan Anda.
  • Bersihkan area permukaan HP Anda dengan menggunakan alkohol atau pembersih khusus layar HP.

sumber: klikdokter.com

You May Also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments