PERBEDAAN FOBIA RASA TAKUT DAN CARA MENGATASINYA

Perbedaan Fobia Rasa Takut dan Cara Mengatasinya. Sampai saat ini, masih banyak anggapan bahwa fobia dan rasa takut merupakan dua hal yang sama. Memang sekilas kedua kondisi ini terlihat sama, sehingga terkadang membuat kita kesulitan untuk membedakannya.

Namun, faktanya fobia tidak sama dengan rasa takut. Lantas, apa saja yang membedakan kedua kondisi ini? Yuk simak penjelasannya sama-sama!

BEDA FOBIA DAN RASA TAKUT

Semua orang pasti pernah mengalami ketakutan. Sebab rasa takut adalah reaksi normal manusia saat menghadapi suatu bahaya. Namun, perlu kita ketahui bahwa tak semua ketakutan bisa diartikan sebagai fobia.

Sebab, fobia merupakan salah satu jenis gangguan kecemasan yang muncul akibat perasaan takut yang berlebihan bahkan terkadang kondisi kecemasan itu tidak memiliki alasan yang pasti dan masuk akal.

PERBEDAAN CARA RESPON KETAKUTAN

Rasa takut biasanya akan muncul berupa reaksi terhadap sesuatu yang ada di depan mata. Tak hanya itu, rasa takut juga bisa hilang dengan sendirinya.

Salah satu contohnya yaitu ketika seseorang menonton film horor, Ia akan merasa takut apabila penampakan hantu muncul secara tiba-tiba. Namun, selepas menonton, rasa takut itu perlahan akan hilang.

Sedangkan, fobia bisa muncul kapan saja sekalipun sumber ketakutan tidak berada di hadapannya dan kecemasan tersebut bisa bertahan sampai bertahun-tahun lamanya. Misalnya, saat seseorang mendengar kabar kecelakaan dengan luka yang cukup parah.

Saat mendengar cerita tersebut, seseorang yang mengalami fobia darah mungkin akan memberi respon takut dan cemas yang berlebih, bahkan bisa menimbulkan berbagai gejala seperti berkeringat, kulit tampak pucat, hingga jantung berdetak cepat.

CARA MENGATASI RASA TAKUT DAN FOBIA

Dalam perasaan takut biasanya kondisi psikis seseorang tidak terlalu berpangaruh. Biasanya Ia bisa mengatasi rasa takutnya dengan baik.

Namun, lain halnya dengan fobia. Memang, tidak semua fobia memerlukan terapi khusus. Akan tetapi, jika fobia itu bisa sampai memengaruhi aktivitas sehari-sehari, ada beberapa terapi yang dapat membantu menghadapi rasa takut tersebut.

Kita bisa mengatasi fobia dengan menjalani cognitive behavioral therapy (CBT). Terapi ini dilakukan untuk mengidentifikasi, memahami, hingga mengubah pola pikir dan perilaku penderita fobia.

Terapi ini biasanya digabungkan dengan metode yang dapat membuat penderita fobia menghadapi ketakutan itu sendiri.

Sumber

You May Also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments