Apa Itu Chrome OS Serta Kelebihan & Kekurangannya

Chrome OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google berdasarkan kernel Linux. Ini adalah konsep ulang dari browser web Google Chrome dan terutama mendukung aplikasi web.

Sistem operasi ini hanya berfungsi sebagai portal untuk mengakses Internet dan memfasilitasi koneksi dan interaksi antara pengguna dan aplikasi atau data yang disimpan di cloud.

Daftar isi

Kelebihan Chrome OS

Laptop yang berjalan dengan Chrome OS dinilai memiliki performa yang lebih cepat. Karena laptop tidak diperuntukkan untuk pekerjaan berat, maka laptop mendukung spesifikasi yang rendah.

Produsen Chromebook juga menggunakan komponen perangkat keras untuk mengoptimalkan pengoperasian Chrome OS. Misalnya, perangkat ini menggunakan solid-state drive atau SSD, sehingga menampilkan banyak keunggulan teknologi penyimpanan SSD.

Untuk meningkatkan efisiensi energi, Chromebook tidak menggunakan prosesor bertenaga tinggi dan perangkat keras lain yang biasanya ditemukan di komputer Windows atau Mac.

Selain performa lebih cepat, antarmuka sistem operasi ini dinilai sederhana. Ini lebih sederhana dan lebih bersih daripada macOS dan bisa dibilang lebih mudah daripada Windows. Perlu diingat bahwa sistem operasi ini hanyalah klien web atau dengan kata lain, browser web yang berjalan di Chromebook.

Menyiapkan OS juga sangat cepat. Pengguna hanya perlu menyalakan Chromebook dan masuk menggunakan akun Google-nya untuk memulai.

Keuntungan penting lainnya dari Chrome OS adalah Chromebook yang lebih baru sekarang mendukung aplikasi Android. Ini berarti bahwa sebagian besar aplikasi yang berjalan di sistem operasi Android kini dapat berjalan di Chrome OS dan Chromebook.

Integrasi Android juga berarti bahwa ekosistem aplikasi untuk Chrome OS telah berkembang pesat. Pengguna kini dapat mengunduh dan menginstal keduanya dari Toko Web Chrome dan Google Play Store.

Perangkat yang menjalankan Chrome OS juga dinilai lebih murah. Keterjangkauan dan portabilitas adalah dua nilai jual utama Chrome OS dan Chromebook. Persyaratan perangkat keras minimal dari sistem operasi menurunkan harga Chromebook.

Perhatikan bahwa sebagian besar perangkat ini jauh lebih murah daripada netbook Windows atau komputer MacBook tingkat pemula dengan harga eceran sekitar USD300 hingga USD400.

Titik harga Chromebook yang murah menjadikannya ideal untuk pengguna tingkat pemula seperti anak-anak dan pelajar.

Kekurangan Chrome OS

Salah satu kelemahan utama Chrome OS dan Chromebook adalah kemampuan komputasinya yang terbatas. Dibandingkan dengan perangkat Windows dan Mac, Chromebook tidak mampu menjalankan aplikasi intensif sumber daya seperti aplikasi pengeditan foto dan pengeditan video berfitur lengkap.

Chromebook juga bukan perangkat game, dan Chrome OS tidak dirancang untuk gamer hardcore. Meskipun ada banyak judul game yang tersedia di Toko Web Chrome dan Google Play Store, judul game terkemuka yang tersedia untuk Windows tidak tersedia untuk Chrome OS karena keterbatasan perangkat lunak dan perangkat keras.

Ada aplikasi untuk Chrome OS yang dikembangkan untuk dijalankan secara offline. Namun, perlu diingat bahwa nilai jual utama dari sistem operasi ini adalah komputasi awan. Dengan demikian, pengguna harus memastikan koneksi internet yang baik untuk menggunakan perangkat ini.

Sebagian besar Chromebook tidak memiliki ruang penyimpanan yang besar. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar fitur hiburan sistem operasi bergantung pada layanan streaming online seperti YouTube dan Netflix untuk streaming video. Aplikasi produktivitas kantor dari Google juga merupakan aplikasi berbasis web.

You May Also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments