Tips Instagram Reels Agar Ditonton Banyak Orang

Sejak Instagram Reels resmi dirilis di Indonesia, fitur ini cukup menarik banyak pengguna Instagram. Instagram Reels memiliki konsep yang cukup mirip dengan TikTok, yakni konten video berdurasi singkat.  Pertama kali diperkenalkan pada 5 Agustus 2020, Instagram Reels memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek diiring latar belakang lagu yang sedang tren atau favorit pengguna.

Fitur satu ini bermanfaat untuk content creator maupun pemilik bisnis untuk mendatangkan followers dan engagement melalui berbagai konten kreatif yang dihasilkan. Agar Reels mendatangkan banyak penonton, tentu pengguna harus memiliki strategi yang harus diterapkan. Tips Instagram Reels agar menggaet banyak penonton.

1. Buatlah konten yang berkualitas

Konten merupakan faktor terpenting untuk membantu Anda mengembangkan Reels. Maka dari itu, tips Instagram Reels pertama adalah membuat konten dengan kualitas terbaik. Mulailah melakukan riset konten apa yang sedang trending atau viral, hingga mengedit video Reels sebaik mungkin. Buatlah konten secara singkat, jelas, dan ringkas mengingat durasi video yang sangat singkat. Anda dapat mencoba menggunakan strategi ATM (Amati Tiru dan Modifikasi). Artinya, Anda bisa meniru konten orang lain yang memiliki penonton banyak kemudian memodifikasi sesuai kreatifitas. Namun perlu menjadi catatan, Anda juga harus memberikan sentuhan unik dan memiliki ciri khas tersendiri agar tidak terindikasi sebagai plagiat.  Alangkah lebih baiknya, Anda mencari dan menciptakan ide baru nan segar dan benar-benar orisinil agar menjadi identitas Anda.

2. Upload secara konsisten

Tips Instagram Reels berikutnya adalah soal konsistensi. Jika Anda memposting konten secara teratur dan konsisten, hal ini akan membuat akun Reels berpotensi mendapatkan engagement dari pengguna Instagram. Selain itu, memposting lebih banyak konten akan memiliki peluang lebih besar untuk muncul di beranda Reels. Konsistensi dalam mengunggah konten Reels bisa menjadi indikator bagi Instagram bahwa akun Anda aktif menggunakan Reels. Jika perlu, buatlah jadwal teratur untuk memposting konten. Manfaatkan fitur insight untuk menganalisis followers yang aktif. Misal saja, jam berapa saja biasanya mereka aktif sehingga Anda dapat memposting di waktu yang tepat dan tidak sembarangan.

3. Gunakan sound yang sedang tren atau viral

Tips Instagram Reels ketiga adalah menggunakan sound atau lagu yang sedang tren atau viral. Instagram memiliki kumpulan lagu yang dapat digunakan pengguna untuk latar belakang konten Reels mereka. Namun terkadang ada saja beberapa sound atau lagu yang sedang populer atau viral di saat-saat tertentu. Sound yang sedang tren inilah dapat Anda jadikan sebagai latar belakang konten video. Jika Anda menggunakannya, peluang konten untuk mendapatkan lebih banyak penonton juga semakin tinggi.

Selain musik, Anda juga dapat memanfaatkan tool pengeditan dan berbagai efek visual yang dapat ditambahkan di Reels. Menggunakan fitur terbaru dari Reels berpotensi untuk mendapatkan eksposur atau penonton yang lebih banyak.

Gunakan hashtag secara benar dan tepat. Bubuhkan tagar seperlunya saja, tidak perlu terlalu banyak. Anda bisa menyematkan 30 hashtag yang relevan dengan konten yang diunggah dalam satu postingan. Dikhawatikan, tagar yang terlalu panjang atau banyak dianggap sebagai “spam” sehingga menurunkan engagement.

Hindari menonton Reels dari ID Anda sendiri Kesalahan paling sering dilakukan pengguna setelah membuat konten dan membagikannya adalah mereka akan mulai melihat Reels dan terlalu memantau berapa banyak like (penyuka) yang didapat atau melihat komentarnya. Terlalu sering melakukan cek seperti ini justru akan membuat algoritma Instagram berpikir bahwa Anda meningkatkan tampilan dengan melihat Reels Anda sendiri. Setelah membuat dan membagikan konten, biarkan 2-3 jam tanpa cek video yang sudah dibagikan.

Tulis caption yang menarik Takarir atau caption kerap kali kurang menjadi perhatian bagi sebagian pengguna. Padahal takarir juga menjadi salah satu kunci mengoptimalkan Instagram Reels Anda. Caption yang menarik akan menggugah penonton untuk berinteraksi dengan konten yang Anda buat. Hal ini tentu membuat konten Anda berpotensi mendapatkan engagement.

Buat thumbnail yang menarik Thumbnail merupakan sampul atau cover dari konten video yang Anda buat. Salah satu tips Instagram Reels untuk menggaet penonton adalah membuat thumbnail konten video semenarik mungkin. Anda dapat mendesain sampul dengan mudah dan menarik melalui platform desain gratis seperti Canva. Thumbnail yang menarik akan membuat penonton berpotensi untuk mengeklik konten video Anda.

Sumber: kompas.com

You May Also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments