Resolusi Layar Smartphone Terbaik

 

Di era teknologi saat ini smartphone merupakan alat komunikasi yang mempermudah kita dalam melakukan segala hal seperti membaca berita terbaru, belanja online, mencari lokasi atau wilayah, menonton video, dan lain – lainnya. Tidak hanya kalangan dewasa saja, bahkan saat ini remaja dan anak – anak pun juga tidak ketinggalan untuk memiliki barang ini.

Namun taukah kamu bahwa setiap smartphone memiliki kualitas dan resolusi layar yang berbeda, hal itu juga berpengaruh terhadap pada spesifikasi sebuah smartphone. Jika memiliki smartphone dengan resolusi layar terbaik harus didukung dengan GPU, Processor yang terbaik/mumpuni dan RAM, Memori yang lebih besar agar kinerja lebih optimal tidak ada gejala lag dalam penggunaanya.

Semakin tinggi resolusi layar juga berpengaruh kepada kerapatan/kepadatan piksel per inch (ppi)  jika semakin tinggi resolusi dan kerapatan piksel maka semakin jernih pula kualitas gambarnya dan akan terlihat halus suatu gambar. Jika suatu kerapatan piksel rendah maka semakin buruk kualitas gambar/tampilannya dan akan terlihat patahan, kotak – kotak, dan garis bergerigi. Untuk lebih jelasnya Yuk simak penjelasan berikut tentang macam – macam Resolusi layar.

1. Ultra High Definition (UHD/4K)

Mempunyai ukuran layar 3840 x 2160 merupakan resolusi terbaik, paling jernih, dan paling tajam saat ini memiliki aspek rasio 16:9. Gambar  ditampilan berkualitas 2160p jadi tampak lebih nyata. Resolusi ini juga disebut 4K karena memiliki 4000 piksel. Saat ini smartphone yang menggunakan layar ini ialah Sony Experia Z5 Premium.

2. Quad High Definition (QHD/2K)

Samsung Galaxy S7 & S7 Edge salah satu smartphone flangship/unggulan Merk Samsung. Smartphone ini mengusung layar dengan kualitas Quad High Definition dengan resolusi layar 2560 x 1440 pixel. Gambar yang ditampilkan berkualitas 1440p. Dan ukuran resolusi layar ini paling banyak digunakan oleh smartphone kelas atas/produk unggulan.

3. Full High Definition (FHD)

Sangat optimal jika digunakan pada layar smartphone berukuran 5-5,7 inch. Ukuran layar ini sangat ideal bagi smartphone saat ini. Umumnya resolusi layar jenis ini digunakan pada smartphone kelas menengah. Memiliki resolusi layar 1920 x 1080 pixel. Gambar yang dihasilkan berkualitas 1080p. Contoh smartphone yang mengusung teknologi layar ini ialah Samsung Galaxy A5 2017, Asus Zenfone 3 ZE520KL.

4. High Definition (HD)

Pada umumya layar ini paling banyak digunakan saat ini. Dengan memiliki resolusi layar 1280 x 720 pixel. Kualitas gambar yang dihasilkan mancapai 720p, sehingga gambar terlihat bagus dan jelas. Memiliki ratio 16:9 memanjang. Akan lebih memuaskan jika digunakan pada layar berukuran 4,7-5,5 inch. Resolusi ini tidak terlalu membebani GPU (Graphics Processing Unit) yang berfungsi sebagai pengolah grafis atau visual. Smartphone yang mengusung layar jenis ini adalah Samsung Galaxy J5, Lenovo A6600, Advan G1.

5. Quarter High Definition (qHD) 

Berbeda dengan Quad High Definition yang memiliki huruf Q Besar, quarter High Definition memiliki huruf q kecil yang berarti seperempat dari kualitas Full HD. Dengan resolusi yang digunakan 940 x 540 pixel. Kualitas gambar yang dihasilkan sangat cukup, dan tidak terlalu jernih. Akan lebih pas jika digunakan pada ukuran layar 4,5 – 5 inch. Samsung Galaxy Grand Prime dan Samsung Galaxy J2 salah satu contoh smartphone yang menggunakan resolusi layar ini.

6. Wide Video Graphics Array (WVGA)

Resolusi layar ini sangat kecil yaitu 800 x 480 pixel, sehingga kualitas gambar yang ditampilkan sangat buruk detailnya tidak terlihat. Biasa ditampilkan pada layar berukuran 4-5 inch itu pun tidak maksimal. Salah satu contoh smartphone yang mengusung layar ini ialah Samsung Galaxy J1 2016, Lenovo Vibe B.

Nah, bagaimana semoga bisa menjadi referensi bagi kita semua. Kesimpulannya bahwa memiliki smartphone dengan resolusi tinggi haruslah didukung dengan spesifikasi yang tinggi. Bagaimana pendapatmu ?

By. Muhammad Khaidir

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *