Cara Membedakan Tinta Printer Epson Ori dengan Non Ori

Banyaknya tinta Epson palsu yang beredar di pasaran saat ini, membuat khawatir pengguna Printer Epson apakah tinta yang dibeli palsu atau benar-benar original produk dari Epson?

Tinta yang bukan asli tentunya akan berdampak negatif pada hasil cetak yang berujung semakin cepatnya head catridge aus, ditandai dengan hasil cetak putus-putus atau bergaris dan warna yang tidak sesuai dengan yang sesungguhnya walau sudah dilakukan pembersihan head hasil tetap sama.

Tinta original menjamin kualitas hasil cetak, pengguna dapat mencetak ribuan lembar tanpa harus khawatir dengan mutu dan kualitas tinta yang digunakan.

Secara fisik kemasan produk tinta yang ditawarkan sulit dibedakan antara asli dan palsu, untuk itulah Epson meluncurkan sebuah aplikasi pemindai tinta asli dengan nama Epson Genuine”

 

Panduan Penggunaan Aplikasi Epson Genuine

Pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi epson genuine di playstore/appstore.

Setelah selesai jalankan aplikasi tersebut, tampilan antar muka awal terdapat opsi bahasa Inggris dan Indonesia pilih sesuai keinginan untuk mempermudah penggunaan dan untuk memulai proses scan dapat menekan tombol “Pindai Sekarang” secara otomatis akan membuka kamera dan menghidupkan LED Flash sebagai alat pemindai QR, karena pada aplikasi versi 1.038 tidak terdapat menu non aktifkan LED Flash dapat diakali dengan menggunakan menu senter yang biasa digunakan untuk menghidupkan atau mematikannya.

Selanjutnya tempatkan kemasan tinta Epson pada permukaan datar atau rata. Gosok atau lepaskan stiker penutup yang menutupi sebagian hologram untuk mendapatkan keseluruhan QR Code.

 

Perhatikan sisi atas kemasan adalah sisi berstiker Hologram dan memiliki QR Code.

Tempatkan kamera smartphone antara 30 dan 45 derajat menghadap QR Code pada kemasan Epson. Sesuaikan posisi QR yang dirasa pas, apabila sudah berada pada titik-titik yang ditentukan dan kode yang tertera terlihat dengan jelas pada kamera tekan “ambil gambar” pada layar dan dilanjutkan dengan menekan tombol “cek“, hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini.

Apabila tinta Epson yang Anda beli asli, maka terdapat informasi “CONSUMABLE ASLI EPSON” yang berupa informasi Kategori, Warna Tinta, No Seri, dll, namun apabila tidak terdapat pada data base berkemungkinan tinta tersebut palsu.

Untungnya QR Code ini tidak dapat digandakan, apabila sudah dilakukan proses scan akan terdapat informasi “Produk Anda sudah pernah di scan sebelumnya” hal ini tentu akan mempersulit produsen nakal dalam memalsukan produk dengan adanya aplikasi ini.

Anda dapat membuat laporan pada menu “buat laporan” apabila menemukan permasalahan

Beberapa ciri Tinta Epson Palsu

  1. Segel Hologram printing biasa, pada warna segel tinta epson asli lebih natural dan terdapat tulisan epson genuine, sedangkan yang palsu agar pudar dan tidak terdapat tulisan epson genuine.
  2. RN Number tidak muncul jika hologram digosok / hologram tidak dapat di gosok
  3. Kualitas stiker Logo Genuine Epson print biasa (tidak ada warna blink-blink), logo jika diraba terasa halus
  4. Stiker Logo Epson tidak sejajar / rapi dengan box
  5. Pada botol tinta yang asli pada bagian atas dekat tutup terdapat bagian kotak yang timbul, sedangkan yang palsu tidak ada alias polos saja.
  6. Harga yang dijual jauh lebih murah dari biasanya
sumber : https://hopeewe.blogspot.com/2019/10/cara-membedakan-tinta-epson-asli-dan-palsu.html

Ada beberapa lagi ciri yang bisa membedakan seperti :

  1. Setelah melepas plastik kemasan, kita dapat melihat pada segel botol tinta dengan cara membuka tutup botol. Pada tinta asli, segel alumunium terdapat tulisan EPSON sedangkan pada tinta palsu segel alumunium polos.
  2. Cetakan tanda panah yang asli lebih jelas daripada yang palsu
  3. Terdapat sisa/bekas dari stiker yang dilepas dari wadah/kardus tempat tinta
1
2
3

You May Also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments