Mengenal NFT dan Salah Satu NFT Termahal

Seiring dengan berkembangnya teknologi serta semakin populernya mata uang kripto seperti Ripple, Bitcoin, Litecoin dan Ethereum, NFT juga menjadi sebuah fenonema yang menarik perhatian masyarakat maupun kalangan investor. Terlebih lagi karena wujudnya berupa seni atraktif.

Bagi kamu yang masih awam dengan hal ini, NFT merupakan aset digital yang tidak dapat diduplikasi dan tidak dapat dipakai sebagai alat tukar namun dapat diperjualbelikan layaknya aset fisik.

Lalu apa perbedaan NFT dengan cryptocurrency?

Dilansir dari berbagai sumber, NFT biasanya dibuat menggunakan jenis pemograman yang sama dengan cryptocurrency seperti Bitcoin atau Ethereum, tetapi persamannya hanya sampai di situ saja.

Untuk memahami lebih lanjut, bayangkan uang fisik dan cryptocurrency. Pada dasarnya, keduanya dapat diperdagangkan atau ditukar satu sama lain karena mereka adalah “sepadan” atau sama nilainya. Dalam artian, jika uang fisik bernilai seribu rupiah maka nilainya akan tetap seribu rupiah sedangkan satu Bitcoin selalu sama nilainya dengan Bitcoin lainnya. Kesepadanan inilah yang menjadikannya alat terpercaya untuk melakukan transaksi di blockchain.

Di sisi lain, NFT sangatlah berbeda karena masing-masingnya memiliki tanda tangan digital yang tidak memungkinkan NFT untuk ditukar atau setara dengan yang lainnya. Dalam hal ini, satu aset NFT, misalnya tidak akan sama dengan NFT lainnya meski keduanya berjenis sama. Oleh karena itulah NFT tidak disebut sebagai cryptocurrency melainkan disebut sebagai aset.

Bagaimana cara kerja NFT?

Sebuah karya seni atau mahakarya, misalnya lukisan menjadi sebuah barang yang sangat berharga. Hal tersebut bisa saja didukung oleh siapa senimannya maupun kuantitas barangnya. Jika sebuah lukisan hanya dikeluarkan satu buah saja maka lukisan tersebut tidak dapat dibuat lagi oleh orang lain kecuali oleh senimannya sendiri.

Di sisi lain, file digital dapat diduplikasi dengan mudah. Dengan NFT, karya seni dapat ditokenisasi untuk membuat sertifikat kepemilikan digital yang dapat dibeli dan dijual. Oleh karena itu lah NFT juga cocok digunakan untuk melakukan pembelian aset digital yang sifatnya collectible seperti karya seni digital.

Sama seperti uang kripto, catatan kepemilikan akan disimpan dalam buku besar bersama yang dikenal sebagai blockchain. Catatan ini tidak akan dapat dipalsukan karena buku besar tersebut dikelola oleh ribuan komputer di seluruh dunia. Tidak hanya itu saja, NFT juga berisi kontrak yang dapat memberi seniman potongan dari penjualan token di masa mendatang. Menarik bukan?

Bagaimana dengan harganya?

Berikut ini lima NFT termahal yang pernah terjual.

CryptoPunk #6965

CryptoPunk #6965

Posisi ke 20 diisi oleh CryptoPunk #6965. CryptoPunk sendiri adalah kumpulan 10.000 karakter digital yang dikembangkan oleh Matt Hall dan John Watkinson dari Studio Larva Labs. CryptoPunk #6965 yang dirilis di blockchain Ethereum ini berhasil terjual dengan harga $1,54 juta atau setara dengan Rp21,9 miliar.

XCOPY – Death Drip

XCOPY – Death Drip

Death Drip adalah NFT ke-14 yang dicetak pionir seni crypto yang berbasis di London, XCOPY. Dikategorikan sebagai Super Rare, karya ini adalah salah satu NFT termahal di dunia yang dihargai $1,58 juta.

The Best I Could Do

The Best I Could Do

Karya ini menampilkan coretan karakter yang dikembangkan oleh co-creator serial kartun modern “Rick and Morty”, Justin Roiland. Karya ini berhasil terjual seharga $1,65 juta.

The First Tweet

The First Tweet

Token NFT dari tweet pertama CEO Twitter, Jack Dorsey berhasil dilelang pada Maret 2021 dengan harga $2,9 juta. Dorsey mengungkapkan bahwa semuanya tersebut akan dikonversikan ke bitcoin dan didonasikan ke GiveDirectly, yayasan yang berfokus membantu orang-orang yang kurang mampu.

Doge

Doge

Doge, sebuah gambar Shiba Inu yang telah menjadi salah satu meme paling ikonik di internet juga telah berhasil dilelang dalam bentuk NFT dengan nilai $4 juta pada awal Juni lalu.

You May Also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments