RTA (Real Time Analizer) dalam Sound System

(RTA) Real Time Analizer

Fungsi RTA ialah untuk mencari kesalahan fekuensi disaat seting system audio. Dalam sistem instalasi audio yang sudah professional, RTA menjadi salah satu alat tambahan yang bisa membantu untuk mengoreksi kesalahan frekuensi yang mungkin muncul diakibatkan pada kesalahan instalasi atau kualitas perangkat yang kurang bagus.

RTA (Real Time Analizer) hanya bisa membaca kesalahan yang terjadi dan tidak dapat mengatasinya sendiri. RTA merupakan alat yang berdiri sendiri, artinya dalam penggunaannya RTA tidak terhubung dengan jaringan audio sound system yang pakai jaringan kabel. Suara yang ditangkap oleh mikrophone RTA akan diolah atau di pilah-pilah sesuai setingan parameter pada RTA tersebut.

Hasil sinyal suara yang diterima RTA akan di tampilkan pada grafik berupa LED, atau memakai LCD tergantung jenisnya. Penggunaan RTA tidak ngawur, para Sound Engineer yang sudah profesional akan memperhitungkan faktor permasalahan dalam audio sound system yang mungkin terjadi pada saat live di lokasi.

Contohnya, masalah akustik ruangan. Serta kualitas perangkat yang dipakai juga besar sekali penguruhnya terhadap suara yang dihasilkan. Mengingat RTA adalah alat yang fungsinya sebagai pendeteksi dan tidak bisa mengatasi masalah yang terjadi. seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Sebetulnya kualitas suara yang dihasilkan oleh sistem tidak hanya berasal dari alat apa saja, merk apa saja yang dipakai, tetapi juga dari faktor Sound Engineernya sendiri. Peran utama RTA hanya membantu para Sound Engineer dalam mencari kesalahan pada frekuensi tertentu, sehingga para soundman dapat mengetahui harus berbuat apa untuk mengatasi masalah yang muncul.

Dalam perkembanganya saat ini RTA dikembangkan dalam bentuk software. Sehingga para Soundman dapat langsung disimulasikan dalam komputer atau laptop. Tetapi dalam penggunaan dengan software ini tidak begitu efektif bila dalam pemasangannya masih terdapat masalah dengan akustik ruangan.


Kesimpulan

(RTA) Real Time Analizer adalah alat yang dipakai untuk mengetahui apakah kualitas audio dari sound system ini sudah sesuai standart atau belum. Alat ini sangat membantu para soundman untuk menemukan kesalahan serta permasalahan dengan akustik ruangan utamanya,

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *