Mulai Tahun Depan Google Photo Akan Berbayar Pada Juni 2021

sebelumnya Google memberikan layanan Photos secara gratis. Sehingga, pengguna bisa mengunggah dan mencadangan foto serta video dengan kapasitas tidak terbatas meski kualitas foto dan video dikompresi dengan kualitas HD.

Nantinya, pengguna gratis Google Photos dan semi-reguler akan diminta untuk membayar biaya berlangganan lewat skema Google One. Ini adalah layanan penyimpanan berbayar Google.

Berlangganan layanan ini mulai dari US$2 per bulan (Rp28.338; kurs Rp14.169.35) di Amerika Serikat. Jika berlangganan layanan ini, pengguna dapat penyimpanan 100 GB hingga diskon pembelian di Google Store.

Selain itu, penyimpanan Google Photos yang tak terbatas bakal masuk dalam jatah 15 GB yang diberikan kepada tiap akun pengguna Google.

Saat ini, setiap pengguna Google diberi penyimpanan gratis 15GB untuk semua layanan Google, baik Gmail, dan Drive. Email dan file yang tersimpan di Google Drive juga masuk dalam jatah 15 GB tadi.

Namun, mulai 1 Juni, semua file foto yang diunggah ke Google Photos juga akan masuk dalam jatah 15 GB tadi. Tapi, ada beberapa syarat yang diberikan Google sebelum menjalankan aturan baru ini.

Pertama, semua gambar yang diunggah sebelum 1 Juni 2021 tidak akan dihitung. Perubahan ini hanya berlaku untuk foto yang diunggah setelah tanggal tersebut. Sehingga, ada baiknya mencadangkan foto di Google Photos sebelum segera sebelum tanggal tersebut.

Melansir Tech Crunch, hal itu bukan berarti pengguna diharuskan membayar, jika belum secara penuh menggunakan ruang penyimpanan gratis 15GB yang disertakan pada setiap akun Google, pengguna dapat terus mengunggah sampai terisi penuh.

Setelah penuh, pengguna akan memiliki opsi untuk berlangganan salah satu paket Google One jika berencana untuk terus mengupload, seperti dikutip CNET.

Namun jika tidak aktif dalam layanan selama lebih dari dua tahun atau lebih, Google dapat menghapus konten pengguna di berbagai layanan.

Bagi pengguna yang memiliki ponsel Pixel, mereka akan terus menerima backup gratis dan tidak terbatas untuk foto dan video selama periode yang ditentukan.

Pada Juni 2021, Google akan menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna mengelola foto dan video yang dicadangkan dan memilih apa yang ingin disimpan dan apa yang ingin dihapus.

Fitur tersebut akan secara otomatis menyorot konten, seperti foto gelap atau buram atau video besar yang tidak mungkin tidak ingin disimpan.

Perubahan ini berlaku untuk semua pengguna Google Photos di semua platform, termasuk Android, iOS, dan Desktop.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *