Mengenal 5 pilihan jenis Seagate Internal HDD 3.5

Meski kehadiran SSD bisa mengubah pandangan pengguna pada umumnya untuk urusan penyimpanan, namun HDD tradisional hingga saat ini masih memilik peran yang sangat besar, khususnya dalam hal nilai kapasitas yang jauh lebih luas.

Seagate menyajikan secara khusus   5 pilihan jenis HDD untuk penyimpanan internal bagi konsumen secara luas, meski mereka juga memiliki pilihan HDD portable maupun sajian HDD khusus untuk kalangan pusat data. Hanya saja, 5 pilihan tersebut merupakan seri paling umum yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari pengguna, termasuk juga seri yang paling popular sebagai salah satu pilihan HDD internal paling hebat. 5 Pilihan HDD internal dari Seagate tersebut adalah :

1. Seagate Barracuda

Pilihan ini bisa dikatakan sebagai seri penyimpanan HDD paling umum dikalangan pengguna secara luas, terlebih lagi nilai kapasitas yang disajikan pada HDD dengan tipe ini memiliki banyak varian, mulai dari kapasitas 500GB hingga 8TB. Seri ini juga dinilai sebagai pilihan paling terjangkau dengan nilai harga mulai dari 500 ribuan hingga tidak terbatas, terlebih lagi pengguna kasual bisa memanfaatkan jenis HDD tersebut sebagai pilihan storage extra dengan kinerja yang cukup baik dan mampu mencapai kecepatan hingga 210 MB/s. Produsen juga menghadirkan 2 varian bentuk factor, yakni ukuran 3.5” dan ukuran 2.5”.

Seagate mengatakan bahwa seri Barracuda memiliki beberapa keunggulan yang bisa ditawarkan kepada pengguna, yakni :

  • HDD yang serbaguna untuk semua kebutuhan
  • Kapasitas besar hingga 8TB dengan nilai harga yang jauh lebih terjangkau
  • Hemat energy tanpa mengorbankan kinerja.
  • Antarmuka SATA 6 Gb/s yang bisa mengoptimalkan kinerja
  • Dan mampu menyediakan keamanan data berbasis perangkat keras SED

2. Seagate Barracuda Pro

Seagate Internal HDD

Jika kamu menginginkan pilihan yang jauh lebih cepat dan memiliki varian kapasitas yang jauh lebih besar, maka seri Barracuda Pro bisa menjadi jawabannya. Produsen bahkan mengklaim bahwa seri ini memiliki kinerja yang jauh lebih cepat untuk urusan transfer data hingga 250 MB/s, termasuk varian yang jauh lebih besar dalam hal kapasitas hingga 14TB. Pilihan ini bisa sangat ideal bagi mereka yang memerlukan tempat penyimpanan internal yang sangat besar, apalagi fitur interface SATA 6Gb/s bisa mendongkrak kinerja jauh lebih baik untuk mendukung berbagai pekerjaan kasual sehari-hari.

3. Seagate FireCuda SSHD

Pilihan lainnya yang sangat ideal untuk gamer yang menginginkan solusi penuh untuk sebuah HDD internal yang cepat dari Seagate adalah seri fireCuda dengan kehadiran SSHD yang memadukan teknologi flash NAND terbaru dengan hard disk konvensional sebagai fitur utamanya. Seri ini mungkin masih terbatas dalam hal kapasitas hingga 2TB saja, namun kehadiran SSHD bisa memberikan kinerja yang jauh lebih cepat dan nilai harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan SSD.

Tentu, ada beberapa fitur unggulan mengapa seri FireCuda bisa menjadi pilihan utama kamu, diantaranya adalah :

  • Kombinasi Teknologi yang dipercepat flash menghadirkan kecepatan muat yang luar biasa
  • Opsi kapasitas besar antara 500GB hingga 2 TB
  • Fitur Green Hybrid yang bisa memberikan nilai efektif dalam hal konsumsi daya
  • Multi-Tier Caching Technology™ (MTC) mamppu meningkatkan kinerja HDD
  • Garansi panjang hingga 5 tahun

4. Seagate IronWolf

Jika kamu menginginkan piliah storage tangguh untuk Penyimpanan yang terhubung ke jaringan (NAS), maka seri SeaWolf merupakan jawaban terbaiknya. Segate mengklaim bahwa pilihan ini mampu bertahan jauh lebih lama, bahkan mampu bekerja hingga setiap waktu plus dukungan berbagai dukungan teknologi canggih, termasuk teknologi AgileArray yang memungkinkan penyeimbangan bidang ganda dan optimisasi RAID di lingkungan multi-ruang dengan manajeman daya yang secanggih mungkin. Produsen juga memberikan berbagai pilihan konfigurasi dalam hal kapasitas, mulai dari varian 1TB hingga 12TB.

5. Seagate SkyHawk



Dan terakhir adalah Seagate SkyHawk, dimana HDD internal ini dimaksudkan untuk disajikan dalam bidang pengawasan (surveillance Hard Drive) dengan memiliki keunggulan dalam hal varian kapasitas, dan dukungan teknologi yang jauh lebih canggih, termasuk kehadiran Firmware ImagePerfect, dimana fitur ini didesain untuk memastikan pengambilan rekaman video mentah dalam beban kerja pengawasan selama 24×7 yang merekam video dari 64 kamera HD dengan lancar. Produsen juga memberikan garansi yang cukup panjang hingga tahun, plus pemakaian daya yang benar-benar rendah.

You May Also Like

4.7 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments