Perbedaan DDR4 vs LPDDR4 vs LPDDR4x vs DDR5 RAM

Jadi, apa sebenarnya Memori LPDDR itu dan apa perbedaannya dengan memori DDR yang biasa?

Mari kita cari tahu.

Ada banyak inovasi terobosan di bidang memori komputer. Kami sekarang memiliki teknologi mutakhir seperti HBM (High Bandwidth Memory), GDDR, dan LPDDR.

Meskipun Memori DDR adalah pilihan yang sangat baik untuk perangkat Berkinerja Tinggi seperti PC, Workstation, dan Laptop Kelas Atas, itu tidak terlalu efisien untuk perangkat seluler seperti Ponsel Cerdas, Tablet, dan Ultrabook.

Di situlah Memori LPDDR berperan. LPDDR adalah singkatan dari Low Power Double Data Rate yang artinya “DDR-Rendah Daya” dan dirancang khusus untuk perangkat mobile.

Dengan daya rendah maka berpengaruh juga pada kecepatan operasi untuk menghemat daya. LPDDR4x saat ini merupakan Memori LPDDR yang paling banyak digunakan sementara LPDDR5 hanya didukung pada SOC smartphone kelas atas seperti Exynos 990 dan Snapdragon 865/865 +.

Di segmen Laptop, AMD dan Intel diharapkan mendukung Memori LPDDR5 sekitar akhir 2021 atau awal 2022.

Mari selami lebih dalam dan pelajari perbedaan di antara keduanya.

 

Jenis memori DDR

Ada tiga jenis memori DDR yang tersedia untuk konsumen. Diantaranya:

  1. DDR standar
  2. DDR mobile hemat daya (LPDDR)
  3. Grafik DDR (GDDR)

Seperti namanya, DDR Standar adalah jenis memori yang digunakan di semua PC desktop, Laptop, dan server. Ini adalah memori standar yang digunakan dalam RAM stick dari sebagian besar perangkat elektronik yang lebih besar.

 

BACA JUGA

recovery data harddisk berhasil, bergaransi 

 

Mobile DDR atau LPDDR adalah kelas memori DDR yang terdapat di smartphone, tablet, ultrabook, elektronik tertanam, dan perangkat Internet of Things (IoT) lainnya. Karena perangkat di mana memori LPDDR ditemukan di perangkat yang menggunakan baterai, memori LPDDR harus dioptimalkan untuk menawarkan kinerja yang baik dengan daya rendah.

Menariknya, Laptop mendukung DDR dan LPDDR karena CPU Intel & AMD modern memiliki pengontrol memori untuk DDR4 dan LPDDR4x pada chip mereka.

Sementara OEM Laptop umumnya menggunakan DDR4 di Laptop Berkinerja Tinggi, LPDDR4x adalah pilihan yang lebih disukai untuk ultrabook berdaya rendah.

 

Pada artikel ini, kita akan membatasi pembahasan kita pada memori DDR dan LPDDR. GDDR adalah sesuatu yang harus kita bicarakan di artikel lain.

Namun bagi yang penasaran anggap saja sebagai memori yang memiliki bandwidth tinggi dan dioptimalisasi untuk penggunaan Graphics Card. Ini digunakan untuk aplikasi yang berhubungan dengan grafik seperti pembuatan konten dan gaming. Ini banyak digunakan dalam Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML).

 

Generasi Memori DDR

The Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM) adalah standar asli dari semua RAM yang kita gunakan saat ini. Itu dirilis pada tahun 1998. Rilis berikutnya dari RAM ini dinamai Double Data Rate (DDR) karena kecepatan transfer data dua kali lipat.

Memori DDR mentransfer data pada tepi naik dan turun dari sinyal clock dan inilah mengapa diberi nama DDR (Double Data Rate)

DDR2 dirilis pada tahun 2003, dan DDR3 dirilis pada tahun 2007. Standar saat ini dirilis pada tahun 2014 dan masih mendukung sebagian besar komputer yang kami gunakan saat ini. DDR5 dirilis baru-baru ini tahun 2020.

Adopsi DDR5 kemungkinan akan dipercepat sekitar Q1 2022.

Berikut adalah tabel yang menunjukkan kecepatan transfer data dan level voltase dari berbagai generasi memori DDR. Seperti yang Anda lihat, level tegangan terus berkurang dan kecepatan transfer data meningkat.

 

Tahun Rilis Data transfer rate (MT/s) Voltage level (V)
DDR1 1998 266-400 2.5/2.6V
DDR2 2003 533-800 1.8V
DDR3 2007 1066-1600 1.35/1.5V
DDR4 2014 2133-3200 1.2V
DDR5 2020 3200-6400 1.1V

Catatan: Dimungkinkan untuk melakukan overclock Memori DDR4 jauh melampaui 3200 MT / s.

Tabel lain yang menunjukkan daftar berbagai generasi memori LPDDR disediakan di sini. Generasi memori LPDDR telah mengikuti pola yang sama (seperti memori DDR) dalam hal peningkatan kecepatan transfer data dan level tegangan.

 

Tahun Rilis Data transfer rate (MT/s) Voltage level (V)
LPDDDR 2008 333-400 1.2V
LPDDR2 2010 800-1066 1.2V
LPDDR3 2012 1600-1866 1.2V
LPDDR4 2014 3200 1.1V
LPDDR4X 2017 3200-4267 0.6V
LPDDR5 2020 6400 0.5V
LPDDR5X 2023 (perkiraan)

Perbedaan antara memori DDR dan LPDDR

Pada bagian ini, kita akan membahas tentang perbedaan antara memori DDR dan LPDDR.

Berikut beberapa parameter yang membedakan kedua memori tersebut:

  1. Performa
  2. Efisiensi
  3. Harga
  4. Dapat diupgrade

Jika Anda membandingkan dua laptop serupa, satu menggunakan memori DDR dan yang lainnya menggunakan memori LPDDR, Anda tidak akan dapat langsung melihat perbedaannya. Perbedaannya terletak pada kinerja dan masa pakai baterai.

Laptop yang menggunakan memori DDR diharapkan berjalan lebih cepat daripada LPDDR dalam benchmark. Tapi laptop berbasis LPDDR akan sedikit lebih hemat daya.

Baterai laptop dengan memori LPDDR akan bertahan lebih lama daripada baterai dengan memori DDR.

Harga memori DDR biasa juga lebih rendah dibandingkan memori LPDDR. Ukuran yang lebih kecil dan efisiensi yang lebih tinggi meningkatkan harga memori LPDDR.

Berbeda dengan laptop DDR, laptop LPDDR4x tidak dapat diupgrade. Memori secara langsung disolder pada motherboard. Ini mungkin menjadi pemecah masalah bagi banyak orang yang menginginkan sistem dengan memori yang dapat diupgrade.

Hal yang baik tentang memori DDR adalah sebagian besar laptop berbasis DDR hadir dengan beberapa slot memori dan RAM yang dapat dilepas. Anda dapat mengganti RAM yang lama dengan yang lebih baru sendiri.

 

DDR4 vs. LPDDR4x dan LPDDR4

Kedua kenangan itu ada di mana-mana hari ini di hampir semua perangkat di sekitar kita. RAM LPDDR4 dapat mencapai kecepatan clock hingga 3200 MHz seperti RAM DDR4. RAM LPDDR4X, bagaimanapun, menawarkan peningkatan pada RAM LPDDR4.

RAM LPDDR4X dapat mencapai kecepatan clock hingga 4267 MHz yang sangat mengesankan mengingat voltase pengoperasiannya jauh lebih rendah dibandingkan dengan pendahulunya.

RAM DDR4 bekerja pada level 1.2V sedangkan RAM LPDDR4 bekerja pada 1.1V. RAM LPDDR4X dapat bekerja pada level voltase serendah 0.6V. Ini merupakan peningkatan yang signifikan.

 

DDR5 dan LPDDR5

Karena periferal komputer seperti prosesor dan GPU terus mendapatkan peningkatan kinerja setiap tahun, akan datang saatnya mereka mencapai batas bandwidth memori DDR generasi saat ini. Tujuh tahun adalah waktu yang lama. Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada memory stick DDR4, karena dalam beberapa tahun mendatang, memori DDR generasi kelima akan mengambil alih.

 

Sumber 

You May Also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments