Pengertian Alfabet Fonetik NATO dan fungsinya

Pengertian Alfabet Fonetik NATO dan fungsinya. Teman-teman mungkin pernah mendengar orangtua atau kakak mengucapkan Alfa, Charlie, Echo, Golf, India, dan masih banyak lagi.

Jika teman-teman pernah mendengar orangtua atau kakak mengucapkan kata-kata itu, kalian jangan merasa heran, ya!

Itu adalah alfabet fonetik NATO. Alfabet ini dibuat untuk menghindari kesalahan pengucapan serta mempermudah komunikasi di radio atau telpon.

Digunakan Militer

Awalnya, alfabet fonetik NATO digunakan oleh militer. Pihak militer menggunakan alfabet fonetik NATO, supaya tidak ada kesalahan penyebutan dalam menyampaikan pesan.

Namun, seiring berjalannya waktu, alfabet fonetik NATO pun digunakan oleh berbagai pihak, misalnya di perusahaan ritel dan perusahaan penerbangan.

Digunakan Radio

Pada tahun 1920, alfabet fonetik NATO digunakan oleh Universal Electrical Communications Union, Washington, D.C.

Semakin tahun, semakin banyak radio yang menggunakan alfabet fonetik NATO. Radio itu berasal dari berbagai wilayah.

Saat digunakan oleh radio di wilayah berbeda, ada beberapa huruf yang diubah dan disesuaikan dengan pengucapan warga lokalnya.

Semakin tahun, semakin banyak radio yang menggunakan alfabet fonetik NATO. Radio itu berasal dari berbagai wilayah.

Saat digunakan oleh radio di wilayah berbeda, ada beberapa huruf yang diubah dan disesuaikan dengan pengucapan warga lokalnya.

Misalnya, di Amerika huruf C disebut Canada, sedangkan di Kairo huruf C disebut Casablanca, kalau di wilayah latin huruf C disebut Coco.

Disamakan

Sejak tahun 1959, pengucapan alfabet fonetik NATO disamakan. Jadi, di mana pun dan dengan siapa pun, kita bisa menggunakan alfabet fonetik NATO ini.

Berikut alfabet fonetik NATO yang sudah disamakan dan bisa digunakan secara internasional.

Alfa, Bravo, Charlie, Delta, Echo, Foxtrot, Golf, Hotel, India, Juliett, Kilo, Lima, Mike, November, Oscar, Papa, Quebec, Romeo, Sierra, Tango, Uniform, Victor, Whiskey, X-ray, Yankee, Zulu.

Jika teman-teman sedang berbicara di telpon dan ingin mengeja nama, teman-teman bisa menyebutkan setiap huruf dari nama tersebut dengan kata di atas.

Misalnya, teman-teman ingin mengeja nama Yazeeka, teman-teman tinggal menyebut Yankee, Alfa, Zulu, Echo, Echo, Kilo, Alfa. Dengan begitu, penulisan nama Yazeeka tidak akan salah.

Sumber

You May Also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments