Kenapa bisa typo? Dan Cara Mengatasi Typo..

Kata typo sudah sangat tidak asing di telinga kita bukan? namun apakah teman teman sekalian tahu kepanjangan dari kata typo?

kalau memang belum tau, kebetulan nih temen temen membuka website yang tepat untuk memuaskan rasa ingin tahu temen temen sekalian.

Arti Typo Adalah

Typo adalah singkatan dari typographical error yang dalam terjemahan bahasa Indonesia artinya kesalahan typografi atau salah ketik.

Jadi, arti typo adalah kesalahan penulisan ejaan yang terjadi pada saat seseorang menulis atau mengetik.

Typo dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena kegagalan mekanis perangkat, slip jari, dan beberapa hal lainnya.

 

Bila dilihat dari arti google terjemahan, typo adalah salah ketik. Yang bisa dipahami adalah typo atau salah ketik bukan merupakan kesalahan yang disengaja dan bukan karena ketidaktahuan seseorang bagaimana mengeja sebuah kata.

 

Inilah contoh typo yang sering terjadi ketika seseorang menggunakan aplikasi dikomputer maupun smartphone

  • sholat diketik shilat
  • bisa diketik bias
  • tau diketik tai
  • lanjut diketik kanjut
  • sabar diketik savar
  • kenyal diketik kental
  • ketika diketik ketiak
  • dan lain lain

Penyebab Typo

Keselahan mengetik bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satu penyebab yang sering yaitu fitur dari smartphone maupun desktop yang bernama auto-correct . Namun ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan orang typo.

Berikut rincian penyebab terjadinya typo

  1. Fitur Auto-correct Aktif
    Fitur auto-correct atau auto-suggest seringkali membuat seseorang mengetikkan kata yang tidak diinginkannya.Biasanya fitur ini terdapat pada aplikasi chat smartphone atau pada aplikasi editor teks seperti Microsoft Word pada komputer.Fitur auto-correct ini biasanya untuk kata-kata dalam bahasa Inggris dan bertujuan untuk membantu pengguna perangkat smartphone atau komputer dalam mengetik sebuah kata.Namun, bila tidak terbiasa menggunakannya justru menghasilkan kata yang tidak sesuai.
  2.  Mengetik Terburu – buru

    Bila seseorang mengetik dengan terburu – buru, baik di smartphone maupun desktop, biasanya akan melakukan typo.Meskipun kita telah menghapal tata letak huruf diperangkat smartphone maupun desktop, seringkali penempatan jari tidak tepat saat mengetik dengan terburu – buru.
    Dan saya juga masih sering typo saat mengetik dengan terburu – buru.
  3.  Ukuruan keyboard atau Smartphone kecil
    Setiap perangkat smartphone memang memiliki ukuran tombol yang berbeda-beda. Nah, tombol yang terlalu kecil bisa menjadi penyebab typo lho.Namun, typo bisa juga terjadi karena ukuran jari seseorang yang terlalu besar sehingga sering salah menekan huruf pada smartphone.Nah, Anda yang jari jempolnya gede sebaiknya lebih berhati-hati saat mengetik. Biar ngga sering typo.
  4.  Gadget Sedang error
    Salah ketik juga bisa disebabkan karena perangkat smartphone sedang mengalami kerusakan yang membuat huruf sulit diketik.Nah, jika ini yang menjadi masalah maka kamu harus segera memperbaiki perangkat tersebut agar dapat berfungsi dengan semestinya.

 

Cara Agar Menghindari Typo

  1. Mematikan Fitur auto-correct
    Fitur ini biasanya menyala otomatis. Oleh karena itu, sebelum mengetik pesan akan lebih baik bila menonaktifkan fitur auto-correct terlebih dahuluSelain itu, fitur auto-correct sebenarnya tidak sesuai dengan bahasa Indonesia karena dirancang untuk kata-kata dalam bahasa Inggris.
  2. Tidak terburu – buru saat mengetik
    Ini cara termudah dan paling sederhana yang bisa kamu lakukan bila tidak ingin melakukan typo. Mengetik dengan hati-hati akan membuat kita lebih konsentrasi atas apa yang ditulis.Selain itu, penempatan jari pada keyboard atau keypad juga harus lebih tepat. Dengan begitu, maka setiap huruf dan kata yang diketik akan sesuai dengan yang diinginkan.
  3. Menggunkan gadget yang sesuai
    Semakin kecil gadget kamu maka layarnya akan semakin kecil juga. Dengan area mengetik yang semakin minim, kemungkinan akan sering terjadi typo bila gadget kecil digunakan orang bertangan besar.Coba perhatikan ukuran tangan kamu, apakah termasuk besar, sedang, atau kecil. Bila ukuran tangan kamu termasuk besar maka ukuran gadget yang digunakan juga harus disesuaikan, begitu juga sebaliknya.
  4. Periksa teks sebelum dikirim
    Meskipun telah berhati-hati, terkadang ada saja huruf yang salah ketik. Kesalahan typografi satu huruf saja bisa lho membuat seluruh kata di dalam teks menjadi rusak, apalagi bila ditujukan pada orang penting.Nah, sebelum mengirim atau mencetak teks tersebut, periksa kembali kata dan kalimat yang ada di dalamnya ya.

 

Berikut Contoh Typo

 

  1. Sholat diketik silat, Wudlu diketik Wushu

 

2. Nemenin diketik nenenin

3. Alhamdulillah diketik Alhambra

 

Sumber : ww.maxmanroe.com

You May Also Like

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Wallpaper Dinding Surabaya

Keren kak