Tips Belanja Barang Online Agar Tidak Tertipu

Tips Belanja Barang Online Agar Tidak Tertipu. Belanja adalah suatu hal yang sangat menyenangkan, dimana kita membeli barang baru ataupun bekas yang kita inginkan/butuhkan. Di era zaman yang modern pada saat ini orang – orang banyak dimudahkan untuk membeli atau menjual barang. Kita bisa membeli barang tanpa harus datang ke kios, pasar, atau mall dan kita bisa menjual barang tanpa memiliki tempat berjualan/kiosnya.

Dengan berbekal smartphone, laptop, komputer, dan akses internet kita bisa membeli atau menjual barang secara online. Pada umumnya para penjual memasarkan produknya melalui Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, Tokopedia, Bukalapak, dll. Untuk pembayarannya tidak perlu khawatir bisa transfer via Bank atau jika anda tidak memiliki rekening, ada juga situs belanja online yang pembayarannya bisa melalui Alfamart, Indomaret, atau POS Indonesia.

Bagi kalian para pemula yang ingin berbelanja secara online. Yuk, simak tips berikut ini agar kalian tidak tertipu saat berbelanja online.

Tips Belanja Barang Online Agar Tidak Tertipu

1. Carilah Penjual Yang Terpercaya

Para penjual terpercaya mereka pasti memposting ulasan atau testimoni dari pelanggan tentang produk yang pernah dibeli. Nah, hal ini adalah acuan bagi kalian yang akan berbelanja online, bagaimana pengalaman mereka setelah membeli produk dari toko tersebut. Apabila penjual banyak mendapatkan ulasan baik. Maka tidak ada salahnya anda berbelanja di toko tersebut.

2. Pastikan Ukuran/Size

Apabila anda sedang mencari pakaian baik itu baju, celana, jaket atau lainnya. Pastikan ukuran anda, jangan sampai pakaian yang anda beli kekecilan atau kebesaran ukurannya.

3. Tanyakan Ketersediaan Stock

Jika anda ingin membeli suatu produk. Tanyakan terlebih dahulu stok barang yang akan anda beli tersedia atau tidaknya. Karena terkadang para penjual lupa mengupdate stok produknya, hal itu biasanya disebabkan karena banyaknya produk yang mereka jual sehingga lupa untuk mengupdate stoknya.

4. Baca Deskripsi Produk

Sering kali kita para calon pembeli tidak membaca deskripsi produk hingga tuntas, dan akhirnya menimbulkan masalah antara penjual atau pembeli. Sehingga pembeli memberi ulasan buruk mengenai produk yang dibeli. Mengenai hal ini kami sarankan anda untuk membaca secara tuntas deskripsi/spesifikasi produk yang akan dibeli. Jika masih belum faham atau tidak ada deskripsi produk maka bisa anda tanyakan kepada penjual.

5. Bertransaksilah Sebelum Jam 14.00/2 Sore

Agar barang bisa langsung dikirim pada hari itu juga, maka kami sarankan anda untuk bertransaksi online diantara jam 08.00 – 14.00 dan pada hari kerja. Namun jika anda memilih jasa pengiriman JNE Yes/Besok sampai maka bertransaksilah antara jam 08.00 – 11.00 di hari kerja, supaya bisa dikirim pada hari itu juga.

6. Jangan Tergiur Harga Murah Saja

Realita para pembeli saat berbelanja online ialah barang tidak sesuai dengan yang ada digambar. Untuk anda yang akan membeli produk, pilihlah produk yang memiliki harga yang sesuai agar anda tidak kecewa saat membeli produk. Jangan hanya tergiur harga murah saja, carilah penjual yang menawarkan harga yang masuk akal. Dan tanyakan jenis bahan apa yang digunakan jika yang dibeli itu pakaian.

7. Agar Lebih aman bertransaksi gunakanlah aplikasi Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll.

Gunakanlah Aplikasi toko online terpercaya seperti bukalapak, tokopedia, shopee dll. Mengapa ? karena jika barang tidak diproses atau dikirim maka uang akan dikembalikan secara otomatis. Jadi anda tidak perlu khawatir jika anda kehilangan uang anda.

HATI – HATI PENIPUAN

Kami sarankan anda jangan tergiur untuk membeli produk elektronik dengan harga murah. Apabila anda sedang ingin membeli barang di aplikasi bukalapak, shopee, tokopedia dsb, lalu di deskripsi produk anda disuruh untuk membayar tanpa melalui aplikasi tersebut JANGAN DILAKUKAN. Untuk hal ini sudah dipastikan bahwa penipuan.

Baca Juga Tips Sebelum Membeli Besi Baja

 

 

 

 

 

You May Also Like

One thought on “Tips Belanja Barang Online Agar Tidak Tertipu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *