Tips Waspada agar Tak Jadi Korban Hoax, yang ramai akhir-akhir ini

HOTDANTERBARU – Penyebaran berita hoax seiring berkembangnya teknologi yang makin hari semakin sulit dikendalikan. Banyak media chat dan media sosial yang dipakai oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita hoax, seperti WhatsApp dan Facebook.

Berita hoax ini juga banyak muncul dalam beberapa hari terakhir ini. Nah, Agar tidak menjadi korban hoax, sekaligus membantu mengurangi penyebarannya lewat media sosial, kami sengaja merangkum tips yang bisa dicoba agar bisa tetap mewaspadainya.

 Tips Waspada agar Tak Jadi Korban Hoax, yang ramai akhir-akhir ini

Tips Waspada agar Tak Jadi Korban Hoax, yang ramai akhir-akhir ini

 

 

1. Periksa Tanggalnya

Berita Palsu/hoax biasanya tidak dikasih tanggal kejadian yang valid yang bisa diverifikasi oleh pengguna/pembaca. Ada juga berita yang sengaja diubah tanggal kejadiannya.

2.  Periksa Foto dan Video

Pesan video, foto dan text yang diterima  melalui media sosial jangan langsung mudah dipercaya begitu saja. Karena konten tersebut ada kemungkinan foto dan video tersebut dimanipulasi sehingga menyesatkan pembacanya. Untuk memastikan sumber foto atau video yang dicurigai, kalian bisa menggunakan fitur reverse search di Google Images. langkah ini semoga bisa membantu sekali dalam memastikan berita isinya hoax atau tidak.

3. Lihat Keanehan di Berita

Berita Hoax/palsu biasanya memiliki judul yang luar biasa agar terlihat mengejutkan si pembacanya. Isinya juga sering menggunakan bahasa yang memanfaatkan isu-isu yang sedang tren dan provokatif, tokoh-tokoh terkenal, swasta maupun instansi pemerintah.

4. Perhatikan Sumber Berita

Agan juga bisa memastikan berita itu ditulis oleh sumber atau media yang memiliki akurasi dan reputasi yang baik dan sudah terverifikasi oleh dewan pers. Jika berita tersebut asalnya dari organisasi yang tidak begitu dikenal ada kemungkinan berita tersebut berisi konten hoax.

 Tips Waspada agar Tak Jadi Korban Hoax, yang ramai akhir-akhir ini

5. Lihat Laporan Lainnya

Sebelum meneruskan dan mempercayai sebuah berita atau cerita yang dikirim lewat WhatsApp dari teman atau dari manapun alangkah baiknya diperiksa ke situs atau laman yang sudah terpercaya. Jika setelah dilakukan pemeriksaan lewat situs yang dipercaya ternyata tidak ada dapat mengindikasikan bahwa berita tersebut palsu. tetapi Jika berita tersebut dipublish oleh beberapa sumber yang Agan percayai, maka kemungkinan besar berita tersebut benar dan barulah jika agan ingin membagikannya silahkan dibagikan.

Salam BOLO..

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *