Fakta Harddisk VS SSD – Disini Perbedaannya!

Perbedaan HDD dan SSD, Mana Yang Lebih Baik

Perbedaan HDD dan SSD, Mana Yang Lebih Baik

 

 

Saat ini Harddisk masih menjadi pilihan utama sebagai media penyimpanan sebuah komputer, hal ini dikarenakan harga hdd yang murah daripada sebuah ssd.

Namun saat ini harga ssd sudah turun drastis tidak seperti dulu saat awal booming.

Mungkin banyak dari kalian bingung soal perbedaan hdd dan ssd, Sebenarnya Hdd dan ssd itu hampir sama, yang membedakan kedua memori itu hanyalah ssd tidak menyimpan data pada lapisan-lapisan magnetik seperti hdd, ssd menyimpan datanya pada chip-chip memori flash yang saling terhubung satu sama lain.

Flash memori yang digunakan pada ssd lebih cepat dan beda type dengan yang digunakan pada flashdisk. Fungsi dari hdd dan ssd pun tidak berbeda sama-sama menyimpan data.

Kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian tentang Perbedaan HDD dan SSD Lengkap. Silahkan disimak baik-baik.

Perbedaan HDD dan SSD Yang Bisa Kalian Pelajari

1.Segi Harga
Perbedaan hdd dan ssd yang pertama adalah soal harga, ssd lebih mahal ketimbang harddisk. Ssd dengan ukuran 128gb dapat kalian beli dengan harga hdd 500gb.

Mengapa ada perbedaan harga?

Tentu saja karena kualitas transfer data yang dimiliki ssd lebih unggul daripada hdd, serta ssd memiliki body yang lebih ramping.

2.Ukuran & Berat
Selain dari harga, perbedaan hdd dan ssd yang bisa kalian temukan adalah melalui penglihatan fisik, ukuran dan berat kedua perangkat ini berbeda.

Jika harddisk memiliki body yang besar dan cukup berat, ssd justru memiliki body kecil ramping serta berat yang ringan.

Hal ini lah yang menjadi salah satu perbedaan ssd dan hdd, dengan ukuran yang kecil ssd mampu beradaptasi dengan ukuran laptop saat ini.

3.Kapasitas
Perbedaan HDD dan SSD, Mana Yang Lebih Baik

 

 

Selain soal ukuran body, perbedaan hdd dan ssd yang bisa kalian temui adalah dari Kapasitasnya, Kapasitas yang dimiliki hdd masih lebih besar dibandingkan SSD.

Hdd memiliki kapasitas yang besar yaitu 80GB sampai 10TB. Sedangkan ukuran dari ssd sendiri masih berkisar diangka 1TB saja. Dan itupun harganya sangat mahal dan langka.

Jika kalian ingin membeli ssd dengan harga murah maka pilihlah kapasitas ssd yang kecil, semakin tinggi kapasitas ssd maka semakin tinggi pula harga jualnya.

4.Kecepatan
Kecepatan read & write yang dimiliki kedua perangkat ini berbeda jauh sekali, performa read & write yang dimiliki ssd lebih cepat dibandingkan hdd, hal ini bisa terjadi karena ssd tidak perlu membaca piringan lagi karena langsung bisa mengakses data yang ada diflash memorinya.

Dengan kecepatannya yang tinggi, ssd sangat cocok bagi kalian yang suka dengan performa kecepatan.

5.Efek Yang ditimbulkan
HDD Menggunakan unsur mekanik sehingga ada beberapa efek buruk yang ditimbulkannya, seperti:

• Panas Yang berlebihan
• Konsumsi Listrik yang Tinggi
• Adanya suara atau noise karena putaran piringan

Berbeda dengan ssd yang tidak menggunakan unsur mekanik, efek yang ditimbulkan dari ssd yaitu:

• Panas tidak setinggi hdd
• Konsumsi listrik yang kecil
• Tidak berisik

Kesimpulan
Demi kenyamanan pengoprasian komputer kalian, lebih baik kalian menggunakan ssd sebagai media penyimpanan utama pc kalian. Dengan menggunakan ssd sebagai media penyimpanan pc maka kecepatan booting pc kalian akan bertambah dan kecepatan transfer datanya juga meningkat.

Selain itu ssd juga lebih tahan lama dibandingkan dengan hdd, bagi kalian yang belum memiliki uang untuk membeli ssd kalian bisa mengumpulkannya terlebih dahulu atau membeli ssd murah dimarketplace dengan kapasitas 128GB.

Nah, itulah perbedaan hdd dan ssd yang dapat kalian pelajari, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua.

You May Also Like

2 thoughts on “Fakta Harddisk VS SSD – Disini Perbedaannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *