Cara Merawat MiXer Audio Agar tidak Mudah Error

Mungkin Agan Semua pecinta Audio semua pernah mengalami kendala pada saat mengirim sinyal dari chanel Mixer ke Main Output?

mungkin dengan banyaknya job atau waktu yang belum ada untuk merawat mixer audio anda. Dalam hal ini sebenarnya tak akan terjadi jika Agan semua bisa menerapkan beberapa tips perihal merawat mixer audio yang kami tulis ini.

Dalam hal Merawat mixer audio sudah menjadi sebuah keharusan bagi pemilik mixer / pecinta sound seluruh indonesia, sayangkan jika mixer digital  kesayangan rusak atau error saat dipakai untuk live?

BACA JUGA : Recovery Data Harddisk, Flashdisk, Memory Murah

Apalagi kendala tersebut terjadi ketika sedang di acara Wedding atau pas di panggung hiburan, bukan hanya malu yang didapat Tetapi Agan juga dikomplain oleh yang punya hajat. Efek lainya, kepercayaan akan branding rental kita pasti ikut menurun. Karena pasar diindonesia perihal rental sound system itu paling ampuh jika strategi marketing yang diterapkan ialah dari mulut kemulut.

Bayangkan jika image kita rusak hanya karena kurangnya perawatan pada mixer atau mixing console yang dimiliki…
Untuk meminimalisir kendala ini,mari kita simak sedikit tips dari saya tentang cara merawat mixer audio kesayangan.

 

Alat alat yang dibutuhkan

Untuk merawat mixer perlu alat, diantaranya:

Kuas

fungsinya untuk membasmi debu yang menempel pada board mixer karena pemakaian diluar ruangan yang memiliki intensitas tinggi.

Oli bekas

fungsinya untuk membasmi karat pada potensio meter, fader, semua karat yang terjadi disebabkan oleh kelembaban yang diterima oleh mixer audio,seperti ruangan ber AC,terkena percikan hujan dan sebagainya.

Note: Jangan sampai menggunakan spray perontok karat atau cairan pembersih pada mixer audio, karena akan memperburuk kondisi potensio dan switch mixer yang Agan miliki.

Obeng

Fungsinya untuk membuka skrip yang menempel dibodi mixer jika hendak memperbaiki bagian yang rusak, seperti fader volume yang sudah mulai aus.

 

Tata cara merawat mixer

Yang pertama untuk perawatan sebaiknya agan ikuti cara kami berikut ini :

Bukalah hard case tempat mixer dan keluarkan mixer agan dari hardcasenya. Kemudian pakai kuas untuk membersihkan debu yang menempel pada permukaan mixer. Usahakan untuk menyapu debu tersebut kearah menyamping, agar debu itu tidak masuk kedalam sela sela fader volume.

Jika si fader volume di mixer terdengar berisik atau terjadi cacat suara ketika fader tersebut di geser naik, caranya adah pada point ke 2 yaitu  memberikan oli bekas ke sela-sela fader volume. Sambil Agan turun-naikkan fader volume tersebut. Jika pas pada potensio lakukan hal yang sama dengan diatas ambil agan putar potensiometernya.

Jika kendala sudah diatas hilang berarti mixer anda telah bisa kembali pada performa terbaiknya. Jika kendala tetap muncul,itu artinya mixer anda perlu dioperasi lebih lanjut hehe.

Sekian tips perawatan mixer dari kami, jika ada yang kurang atau ingin menambahkan sesuatutulisan ini silahkan anda kirimkan melalui kolom komentar kami. terima kasih teman teman pecinta sound system di seluruh nusantara.

BACA JUGA : HP BOOTLOOP BISA DI RECOVERY DATANYA

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *