Pilih Wifi Security AES Atau TKIP?

Keamanan router yang buruk membuat jaringan kalian berisiko. Meskipun keamanan router sangatlah penting, kalian mungkin tidak mengetahui ada beberapa pengaturan keamanan yang dapat memperlambat seluruh jaringan kalian. Pilihan utama untuk enkripsi berbasis router adalah WPA2-AES atau WPA2-TKIP. Mari kita lihat protokol keamanan mana yang lebih aman, dan opsi mana yang memungkinkan koneksi lebih cepat.

AES VS TKIP: Mode Keamanan Wi-Fi  Mana Yang Terbaik? 
Meskipun AES menjadi metode enkripsi yang lebih aman untuk keamanan Wi-Fi, banyak orang masih memilih TKIP. Itu karena konsepsi bahwa koneksi Wi-Fi lebih cepat ketika menggunakan TKIP daripada AES, atau bahwa AES memiliki masalah konektivitas lainnya. Kenyataannya adalah bahwa WPA2-AES adalah koneksi Wi-Fi yang lebih kuat dan biasanya lebih cepat. Inilah sebabnya.

Mana Yang Lebih Aman? 
Pada dasarnya TKIP adalah tambalan untuk WEP yang menyelesaikan masalah penyerang mengungkap kunci kalian setelah mengamati sejumlah kecil lalu lintas router. Untuk mengatasi masalah ini, TKIP memperbaiki masalah ini dengan mengeluarkan kunci baru setiap beberapa menit, yang secara teori, tidak akan memberikan data yang cukup bagi peretas untuk memecahkan kunci atau sandi stream RC4 yang diandalkan oleh algoritma.

Sementara TKIP menawarkan peningkatan keamanan yang signifikan pada saat itu, sejak itu telah menjadi teknologi usang yang tidak lagi dianggap cukup aman untuk melindungi jaringan kalian dari peretas. Kerentanan terbesarnya (tetapi bukan satu-satunya) dikenal sebagai serangan chop-chop, yang merupakan serangan yang mendahului keluarnya metode enkripsi itu sendiri. Serangan chop-chop memungkinkan peretas yang tahu cara mencegat dan menganalisis data yang dialirkan yang dihasilkan jaringan untuk menguraikan kunci dan dengan demikian menampilkan data dalam plaintext sebagai lawan ciphertext.

Mana Yang Lebih Unggul? 
AES adalah algoritma enkripsi yang benar-benar terpisah. Itu jauh lebih unggul daripada keamanan yang ditawarkan oleh TKIP. Algoritma ini adalah cipher blok 128-bit, 192-bit, atau 256-bit yang tidak memiliki kerentanan yang sama dengan yang dimiliki TKIP. Untuk menjelaskan algoritma secara sederhana, dibutuhkan plaintext, dan mengubahnya menjadi ciphertext. Ciphertext terlihat seperti string acak karakter untuk pengamat yang tidak memiliki kunci enkripsi.

Perangkat atau orang di ujung transmisi memiliki kunci, yang membuka (atau mendekripsi) data agar lebih mudah dilihat. Dalam hal ini, router memiliki kunci pertama dan mengenkripsi data sebelum broadcasting. Komputer memiliki tombol kedua, yang mendekripsi transmisi untuk dilihat di layar kalian. Tingkat enkripsi (128, 192, atau 256-bit) menentukan jumlah data yang “scrambling” dan dengan demikian, jumlah kombinasi potensial yang mungkin kalian coba hentikan. Bahkan level terkecil dari enkripsi AES, 128-bit, secara teori tidak dapat dipecahkan karena kekuatan komputasi saat ini akan membutuhkan lebih dari 100 miliar miliar tahun untuk menemukan solusi yang tepat untuk algoritma enkripsi.

Mana Yang Lebih Cepat? 
TKIP adalah metode enkripsi yang sudah usang, dan selain dari masalah keamanan, itu dikenal untuk memperlambat sistem yang masih menjalankannya. Sebagian besar router yang lebih baru (apa pun 802.11n atau lebih baru) default untuk enkripsi WPA2-AES, tetapi jika kalian memiliki perangkat yang lebih tua, atau karena alasan tertentu enkripsi WPA-TKIP dipilih, kemungkinan besar, kalian kehilangan kecepatan yang signifikan.

Router 802.11n atau yang lebih baru melambat hingga 54Mbps jika Anda mengaktifkan WPA atau TKIP dalam opsi keamanan. Ini untuk memastikan bahwa protokol keamanan berfungsi dengan baik dengan perangkat yang lebih lama. 802.11ac dengan enkripsi WPA2-AES menawarkan kecepatan maksimum teoritis 3,46Gbps dalam kondisi optimal (read: tidak akan pernah terjadi). Di samping maksimum teoretis, WPA2 dan AES adalah alternatif yang jauh lebih cepat daripada TKIP.

Kesimpulan 
Jadi mana yang harus kita pilih AES atau TKIP? Sebenarnya AES dan TKIP adalha perbandingan yang tidak sebanding. Karena AES adalah teknologi yang lebih baik dalam segala hal. Kecepatan router yang lebih cepat, penjelajahan yang sangat aman, dan algoritma yang bahkan diandalkan oleh pemerintah menjadikannya suatu keharusan dalam hal opsi yang ditawarkan pada jaringan Wi-Fi baru atau yang ada.

 

 

sumur :

Wifi

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *