Manfaat Aplikasi Game Simulator Untuk Pembelajaran

Bagi pengguna smartphone tentu ada kalanya membutuhkan aplikasi game di dalamnya sehingga bisa sesekali dimainkan saat waktu luang. Ada banyak sekali game tersedia di Playstore dan tentunya berasal dari semua kategori game di seluruh dunia. Saking banyaknya game ini kadang kala malah kebingungan dalam menentukan pilihan, maka perlu cermat. Carilah game yang bermanfaat dan salah satunya adalah jenis game simulator, seperti PC Creator, EveryCircuit, Railway Simulator, dsb.

Dengan memainkan game tersebut, kalian secara tidak langsung dapat mengasah kemampuan sesuai dengan jenis game simulator yang dipilih.

Genre game ini menawarkan konsep yang cukup unik dan tentunya sangat menyenangkan. Pemain akan berperan dengan jenis profesinya masing-masing dan harus menyelesaikan pekerjaannya guna melanjutkan ke level selanjutnya.

Selain memberikan kesenangan game-game tersebut dapat membantu kita untuk belajar. Game-game seperti ini sangat dibutuhkan oleh pendidik untuk media pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan, untuk meningkatkan motivasi belajar. Dengan game simulator peserta didik juga dapat memahami materi dengan cara praktik secara langsung.

 

Manfaat yang Diberikan Game Simulasi

Game simulasi atau simulator ini merupakan jenis game yang di dalamnya melibatkan unsur nyata dalam kehidupan, misal adanya kendaraan, bahan bakar, dan lain-lain. Semua komponen di dalam game tersebut juga ditemukan di sekitar kita dan jenis game ini. adapun manfaat game simulator seperti:

 

  • Mempercepat pemahaman materi

Game simulator ini dapat membantu peserta didik dalam memahami materi, karena peserta didik dapat mensimulasikannya secara langsung. Contohnya game PC Creator, pada game tersebut kita dapat merakit PC sesuai keinginan kita dan dapat mensimulasikannya, jika komponen tidak sesuai maka PC tidak bisa digunakan.

 

  • Meningkatkan motivasi belajar

Belajar memang sesuatu yang membosankan, apalagi jika materi yang dipelajari bukan materi yang menarik. Belum lagi jika harus berkutat dengan buku dalam waktu lama. Informasi yang kita serap sudah pasti tidak maksimal. Dengan pembelajaran menggunakan game simulator yang menyenangkan akan meningkatkan pengalaman belajar, membuat belajar jadi lebih menyenangkan dan akhirnya kita termotivasi untuk belajar lebih lama dan lebih sering.

 

  • Meningkatkan kinerja

Pembelajaran dengan menggunakan game simulator dapat meningkatkan pemahaman kita terhadap sebuah materi. Hal ini secara langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam melakukan pekerjaan sehari-hari karena kita sudah tahu apa yang harus kita lakukan.

 

Baca juga : Game Simulasi PC Creator

You May Also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments