Hindari Menaruh HP Disebelah Saat Tidur Berikut Bahayanya

Hindari Menaruh HP Disebelah Saat Tidur Berikut Bahayanya. Pada zaman era digital seperti ini, hampir semua orang melakukan aktivitas bisa dilakukan secara daring. Seperti Meeting, berjualan online, belanja online, belajar online, dan lainnya. Salah satu benda atau media yang dipakai untuk daring ialah smartphone/ Hp.

Dengan mempunyai banyak kecanggihan yang serba bisa, ponsel pintar atau smartphone ini hampir tidak bisa lepas dari genggaman banyak orang. Di mulai pagi saat bangun tidur, hingga malam hari ketika menjelang tidur, hampir banyak orang selalu mengecek ponsel / smartphone mereka.

Entah untuk bekerja, menonton video, bermain game, atau bersosial media. Hal ini menjadikan ponsel / smartphone sering ditaruh di tempat yang dekat contohnya samping, atau atas  kepala saat tidur.

Apabila menaruh ponsel didekat kepala saat tidur, hal tersebut tidaklah baik untuk kesehatan.

Hindari Menaruh HP Disebelah Saat Tidur Berikut Bahayanya

1. DAPAT MENGURANGI KONSENTRASI

Berdasarkan penelitian, seluruh jenis ponsel / smartphone bisa mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu berdampak serius pada otak.

Salah satu dampak yang bisa memicu adalah bisa mengurangi kemampuan konsentrasi saat bekerja atau mengerjakan hal – hal yang berkaitan dengan mengingat.

Gelombang radiasi elektromagnetik ini disinyalir bisa mengganggu aliran darah yang diarahkan ke otot-otot sehingga memungkinkan terjadinya penurunan konsentrasi di pagi hari.

2. BISA MENYEBABKAN KEBAKARAN

Ponsel yang diletakkan di tempat tertutup dan tebal seperti bantal, selimut, dan kasur. Akan lebih rentan untuk terjadi peningkatan suhu. Ponsel Panas dapat menyebabkan sirkuit pendek, jika tertindih atau dibawah bantar, selimut, atau kasur. Hal ini akan semakin meningkatkan risiko meledaknya ponsel secara tiba-tiba hingga kebakaran.

3. GANGGUAN OTAK

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, radiasi yang disebabkan dari ponsel bisa berpengaruh pada susunan saraf tubuh sampai ke otak.

Imbuh dari Seorang ilmuwan kesehatan menerangkan bahwa paparan radiasi yang diciptakan ponsel bisa menjadi penyebab  kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak bisa menjadi risiko terjangkit penyakit akan bertambah.

Hal seperti itu bisa memicu masalah kesehatan seperti kanker atau tumor. Gangguan tersebut bisa terjadi, karena otak ialah pusat pengendalian semua organ tubuh.

Bahaya ini bisa memperparah apabila menyerang anak-anak. Penyebabnya, kulit kepala dan tengkorak anak – anak yang lebih tipis serta jaringan tubuhnya belum berfungsi stabil, jika dibandingkan orang dewasa.

CARA MENCEGAH RADIASI PONSEL

  1. Mulailah dengan tidak ketergantungan dengan Smartphone / Ponsel.
  2. Simpan Ponsel Di ruangan lain yang cukup jauh dari jarak tidur Anda.
  3. Matikan Ponsel atau gunakan mode pesawat saat anda hendak mau tidur.
  4. Jangan letakkan Ponsel diatas kasur atau diatas benda lunak.

You May Also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments