Penjelasan Dibalik Makna Varian Warna Harddisk Western Digital

Harddisk merupakan aspek yang penting pada penyimpanan laptop atau PC. Dibalik banyaknya merk Harddisk, pasti tidak asing dengan merk Western Digital atau WD.

Western Digital merupakan sebuah perusahaan publik asal amerika yang bergerak di industri teknologi informasi, salah satunya Harddisk.

WD memiliki produk SSD dan Harddisk, dalam pembuatan harddisk terdapat beberapa macam jenis harddisk terbaik yang dibuat dengan warna berbeda. WD membuat beberapa warna harddisk tersebut ada maksud nya, bukan karena warna tersebut bagus atau karena banyak orang yang suka warna itu.

WD membuat harddisk dengan warna merah, biru, hitam, black, gold dan juga warna hijau. Masing-masing warna tersebut berbeda dari segi fungsi dan kapasitasnya.

Dari perbedaan warna hardisk WD dan kapasitas harddisk inilah kita bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Kalau kamu ingin laptop yang bisa menjalankan berbagai aplikasi atau untuk gaming, maka kamu harus memilih harddisk yang berkapasitas besar.

Dari sini kamu bisa memilih warna harddisk yang sesuai dengan ukuran media penyimpanan yang dibutuhkan. Untuk berbagai kebutuhan pengguna itulah maka WD membuat beberapa warna harddisk. Nah dibawah ini adalah penjelasan dan pengertian perbedaan warna hardisk WD Black, WD Red, WD Green dan WD Blue yang beredar dipasaran.

WD GREEN

WDl warna hijau merupakan cabang low-end dari line up hardisk Western Digital. WD Green sangat ramah lingkungan karena bekerja dalam suhu yang rendah dan tidak boros daya, sehingga hardisk lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

WD Green memiliki kemampuan Smart Rpm yangg akan menurunkan Rpm ke 5400Rpm saat melakukan pekerjaan ringan, ketika melakukan pekerjaan berat akan meningkat sampai 5900Rpm dengan kombinasi teknologi IntelliSeek dan IntelliPower. Harddisk WD Green ini cocok digunakan pada Desktop ramah lingkungan serta perangkat yang membutuhkan media simpan yang dingin dan tidak berisik.

WD BLUE

Harddisk dengan warna Biru merupakan jajaran harddisk yang memiliki keseimbangan antara performa dan kehandalan peforma yang ditujukan untuk komputer desktop. Hardisk WD Biru menawarkan berbagai ruang disk dari kapasitas 250 GB hingga  6TB, memiliki kecepatan RPM mulai 5400-7200 dan ruang cache 16MB, 32MB dan 64MB

WD BLACK

Western Digital Black adalah seri hardisk WD yang paling tinggi  ke dua dalam kelas hardisk internal 3.5 inci dan mempunyai performa lebih cepat dari seri Blue, Purple ataupun Green. Adapun seri berwarna Hitam, ditujukan bagi pengguna yang butuh media penyimpanan yang memiliki performa tertinggi. WD Black sangat cocok unruk pengguna dari segmen multimedia, desain, dan gaming.

Untuk Harddisk warna Black ini seolah kita melihat dari bagian high-end dari line up hard drive Western Digital. Dengan kapasitas penyimpanan mulai dari 1TB hingga 6TB, dan seri hitam dikenal baik dan luas sebagai hardisk yang terpercaya, memiliki alternatif jangka panjang untuk setiap sektor pengguna, seperti pengguna untuk desktop, gamer dan pengguna profesional.

Dalam rilis terbaru mereka, WD Hitam 6TB menawarkan cache hingga 128mb, yang merupakan dua kali lipat dari pendahulunya. Hal ini meningkatkan kinerja keseluruhan drive dan mengurangi waktu membaca dan proses menulis.

WD RED

Hardisk WD Red difokuskan untuk teknologi NAS (Network Attached Storage) yang sangat cocok untuk penggunaan jaringan storage dan server Suhu rendah tidak berisik serta konsumsi daya yang rendah. Garansi untuk hardisk WDC Red ini adalah 3 tahun berbeda dengan tipe lainnya yang hanya 1 tahun.  WD Red yang ber label warna Merah ini dirancang khusus untuk server rumah maupun kantor/perusahaan yang menggunakan sistem NAS.

Selain itu juga, hardisk ini  sangat baik untuk PC desktop Anda, dan memiliki kecepatan hampir sama dengan WD hitam, namun memiliki keunggulan yakni, lebih tenang dan mungkin lebih dapat diandalkan, tetapi lebih mahal.

Dengan WD Red Pro anda bisa mendapatkan maksimum kecepatan hingga 160MB waktu transfer rate / sec dan 8.5ms akses seperti WD Hitam, tapi Red Pro jauh lebih tenang karena memiliki sistem reduksi getaran.

WD PURPLE

WD Purple Dirancang untuk penyimpanan DVR Surveillance atau kamera CCTV. Karena itu, drive ini bisa bekerja selama 24 jam sehari bahkan mampu selalau menyala non-stop. Purple HDD sudah dilengkapi AllFrame and Advanced Format Technology (AFT), teknologi yang membantu mengurangi hilangnya rekaman video. WD juga melengkapinya dengan teknologi yang memungkinkan format penyimpanan lebih efisien.

WD GOLD

dirancang untuk menangani beban kerja hingga 550TB per tahun yang merupakan salah satu kemampuan beban kerja tertinggi hardisk untuk ukuran 3,5 inci. WD Gold memiliki kehandalan yang sangat tinggi, dengan MTBF 2,5 juta/jam, dua kali lebih banyak dari WD Hitam atau WD Red HDD Pro. Dan memiliki kinerja yang sangat mirip dengan WD Hitam dan WD Red Pro,

Nah, jika anda membutuhkan hardisk untuk server dengan beban kerja yang sangat tinggi, anda bisa memili jenis hardisk ini, namun jika anda ingin biaya yang lebih murah. maka anda lebih baik dengan HDD WD Red Pro atau Hitam yang memiliki harga yang lebih baik dan kinerja setingkat dibawahnya.

You May Also Like

5 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
8 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Yanto
6 months ago

Isi kontennya daging semua gan

Batman
Batman
6 months ago

Mantap, penjelasan lengkap

Yanto
6 months ago
Reply to  Batman

Oke man

tini
tini
6 months ago

detail

joko chandra
6 months ago
Reply to  tini

Betul kak

suryo
suryo
6 months ago

cakepp

Sura
Sura
6 months ago

Serasa kultum gan

Sutrisno
6 months ago

mantap bosku