Hydrogel Screen Protector VS Tempered Glass

Sekarang, di antara pelindung layar, dua yang paling populer adalah hydrogel dan tempered glass.

Hydrogel bisa dibilang adalah barang baru sehingga beberapa orang bingung menentukan pilihannya. Sebagian menjadikan kualitas sebagai acuan dibanding harganya, namun ada pula sebaliknya.

Jika Anda merasa hal demikian, bingung apakah mau pakai yang mana, mungkin ini artikel yang tepat. Pada artikel ini saya akan bahas apa itu Hydrogel Screen Protector, Tempered Glass, Kelebihan dan kekurangan atas keduanya.

 

Apa Itu Hydrogel Screen Protector?

hydrogel vs tempered glass
Pelindung Layar Hidrogel umumnya terbuat dari TPU atau Poliuretan Termoplastik. Inilah mengapa pelindung layar jenis ini elastis dan menawarkan tampilan yang lebih jelas daripada yang lain.

Karena teknologi layar ini baru, dapat dengan mudah menghilangkan noda, gelembung, sidik jari, atau goresan kecil. Selain itu juga membantu mengurangi tampilan jika terjadi goresan besar

Pelindung Layar Hidrogel sangat cocok untuk ponsel apa saja. Kaca temper atau pelindung layar lain tidak dapat memberikan perlindungan yang sama jika permukaan layar terdapat lengkungan. Ini adalah salah satu keuntungan terbesar yang ditawarkan oleh Pelindung Layar Hidrogel.

Keuntungan Hydrogel Screen Protector

  • Pelindung Layar Hidrogel menghadirkan pengalaman mulus bagi pengguna karena sifatnya yang elastis dan penggunaan bahan TPU.
  • Pelindung layar hidrogel sangat tipis. Biasanya, tidak lebih dari 0,2mm. Sehingga layar akan terlihat lebih jelas baik dari sisi warna dan kecerahan, membuatnya seolah-olah tidak sedang memakai pelindung layar.
  • Ketipisan bahan membuat layar lebih responsive dibandingkan dengan Tempered Glass.
  • Selain pemasangannya yang mudah, saat ada gelembung, akan sangat mudah dihilangkan dengan cara menggeser atau mengusapnya maka tersebut gelembung akan hilang.
  • Teknologi Aqua Shield melindungi perangkat dari bekas oli, noda, goresan, atau sidik jari.
  • Jika tepi layar sedikit melengkung, pelindung satu ini dapat mengikutinya dengan mudah.

Kekurangan Hydrogel Screen Protector

 

  • Harganya sedikit agak mahal dibandingkan dengan tempered glass.
  • Karena strukturnya yang tipis, sehingga tingkat perlindungan terhadap benturan tidak sebaik tempered glass. Jika ponsel jatuh atau mengalami benturan keras, pelindung layar hidrogel tidak mampu memberikan perlindungan sekuat tempered glass.

 

Apa Itu Tempered Glass?

tempered glass vs hydrogel

Temper Glass bagi kebanyakan orang masih menjadi favorit. Dibuat dengan bahan TPU padat bukan elastis/lembut, dan itulah mengapa temper lebih kuat dan kokoh layaknya kaca pada umumnya.

Lapisan pelindung seperti film anti pecah dan lapisan nano oleofobik membuat produk lebih tahan lama. Berbagai merek dan jenis tempered glass tersebar dipasaran baik yang paling murah dengan harga ribuan dan bahkan ada yang mencapai ratusan ribu.

Keuntungan Tempered Glass

 

  • Terbuat dari bahan yang Kuat dan Kokoh. Dengan demikian, kaca temper memenuhi fungsi namanya: melindungi layar dengan segala bentuk benturan dan goresan.
  • Ada berbagai jenis kaca temper. Beberapa jenis/merek menjamin bahwa layar ponsel tidak akan berpengaruh meski terjatuh.
  • Ketika kaca temper pecah, maka yang akan pecah hanya kaca temper. Sehingga Layar ponsel aman dari bahaya apapun meski temper pecah.
  • Pembelian secara online rawan mengalami pecah jika tidak berhati-hati.

Kekurangan Tempered Glass

  • Karena bahannya kaca, maka tidak sehalus/elastis pelindung layar Hydrogel.
  • Pemasangan yang sulit dan rawan terdapat gelembung yang menyebalkan.
  • Jika tidak memiliki teknologi aqua shield, sidik jari dan noda akan membekas. Anda perlu menggunakan kain atau air untuk menghilangkannya.
  • Strukturnya jauh lebih tebal, membuatnya terlihat jelas menonjol. Sehingga bisa saja membuat tampilan layar tidak estetik jika pemasangan tidak pas.
  • Harga temper glass dengan tipe layar ponsel melengkung sulit dicari, harganya pun mahal dan juga sulit dalam pemasangannya.
  • Banyak merek murah yang tidak sesuai ukuran dan bentuk.
Beberapa kasus masalah sensitivitas dikeluhkan oleh pengguna kaca temper, tapi untuk produk-produk keluaran baru sudah bisa menangani sensitivitas ini. Jadi sesuaikan kebutuhan Anda dengan segala kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis pelindung layar diatas.

You May Also Like

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments