Mengenal Google One: Penyimpanan Berbasis Cloud Pengganti Google Drive

Pernah mendengar mengenai Google One? kami yakin, masih banyak dari kamu yang belum mengetahui salah satu produk terbaru dari Google satu ini.

Google One merupakan salah satu media penyimpanan berbasis cloud yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini dibuat untuk menggantikan Google Drive di masa depan.

Lalu, apa sih yang membedakan Google One dengan Google Drive? Untuk menjawab pertanyaan ini sekaligus memberi tahu kamu mengenai keunggulan dari Google One, simak artikel berikut, yuk!

Apa Itu Google One?

Seperti yang sudah Jaka singgung sebelumnya, Google One adalah layanan penyimpanan berbasis Cloud yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari Google Drive.

Layanan yang diluncurkan pada bulan Mei 2018 lalu ini dikembangkan Google untuk memfasilitasi kebutuhan penyimpanan pengguna yang semakin besar.

Seperti yang kita ketahui, kapasitas akun gratis Google Drive hanyalah 15GB. Kualitas video smartphone yang sudah mencapai 4K ribuan foto serta ribuan email pastinya gak akan muat ditampung oleh Google Drive.

Google One memiliki aplikasi sendiri yang bisa kamu download. Namun, kamu tetap bisa mengatur penyimpanan melalui browser di desktop.

Memang, sih, Google Drive sempat menawarkan layanan berbayar. Hanya saja, harganya cukup mahal sehingga kurang laris di kalangan pengguna.

Makanya, Google One hadir dengan dilengkapi fitur subscription dengan harga yang lebih murah, kapasitas lebih besar, sekaligus fitur-fitur canggih yang nggak ada di Google Drive.

Bisa dibilang, Google One diciptakan untuk menyaingi OneDrive milik Microsoft. Bedanya, Google One memiliki paket lebih murah sementara OneDrive menyediakan paket bundling penyimpanan 1TB dengan Office 365.

Fitur Unggulan Google One

Pengin tahu apa saja perbedaan Google One dengan Google Drive? Tenang saja, kita bakal jelaskan secara lengkap di bawah ini.

Dilansir dari situs resminya, Google Drive merupakan layanan penyimpanan, sementara Google One adalah paket langganan yang memberi ruang penyimpanan lebih besar untuk dipakai bersama di Google Drive, Gmail, dan Google Foto.

Selain itu, dengan Google One kamu akan memperoleh manfaat tambahan dan dapat berbagi keanggotaan dengan keluarga. Cara menggunakan Google Drive pun tidak berubah, sehingga kamu gak perlu khawatir kehilangan ketika mentransfer apa pun.

Pengguna Google Driver berbayar akan secara otomatis di-upgrade ke Google One. Sedangkan pengguna Google Drive gratis masih bisa menikmati kapasitas data 15GB yang dimilikinya seperti biasa atau beralih ke Google One dengan mendaftarkan akunnya.

Dengan meng-upgrade ke Google One, kamu akan langsung mendapatkan kapasitas total 100GB atau lebih tergantung pada paket yang kamu pilih

Supaya kamu makin tertarik untuk pindah ke layanan Google One, Jaka bakal menjelaskan lebih rinci mengenai fitur unggulan dari Google One.

1. Lebih Murah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, biaya berlangganan Google One lebih murah dibandingkan membeli kapasitas penyimpanan tambahan di Google Drive.

Penyimpanan 1TB Google Drive seharga Rp135.000,- sudah tidak ada lagi namun digantikan dengan penyimpanan 2TB dengan harga yang sama di Google One. Jauh lebih murah, kan?

2. Berlaku di Beberapa Layanan Google

Berbeda dengan Google Drive, kapasitas penyimpanan Google One bisa kamu gunakan untuk Google Drive, Google Photos, bahkan Gmail, geng.

Selain itu, Google One juga memiliki fitur auto backup sehingga gak perlu khawatir jika tiba-tiba data-data di HP-mu hilang.

3. Bisa Digunakan 5 User Sekaligus

Nah fitur inilah yang jadi sorotan Google One. Kapasitas drive yang kamu dapatkan bisa digunakan hingga 5 user sekaligus dengan kuota yang bisa diatur.

Dengan menggunakan fitur ini, membayar biaya langganan pun jadi lebih murah karena bisa patungan. Selain itu, kamu gak perlu khawatir datamu diintip oleh pengguna lain karena privasi 100% aman.

4. Akses ke Google Expert

Mengalami masalah saat menggunakan Google One atau ingin bertanya soal layanan Google lainnya? Tenang saja, kamu bisa menghubungi Google Expert yang bisa kamu kontak 24/7 melalui telepon, email, maupun chat.

5. Bonus Tambahan

Google One bukan sekadar layanan penyimpanan data. Kamu juga bisa memperoleh berbagai bonus, salah satunya poin yang dapat digunakan di Google Play saat diskon hotel.

Harga Berlangganan Google One

Gimana, tertarik untuk meng-upgrade ke layanan Google One? Kalau iya, kamu bisa cek tabel di bawah ini untuk mengetahui harga dan fitur yang bisa kamu nikmati.

Kapasitas Fitur Tambahan Harga
15GB Gratis
100GB Akses ke Google Experts

Opsi menambah anggota keluarga/user

Keuntungan ekstra untuk member

Rp26.900,- per bulan

Rp269.000,- per tahun

200GB Akses ke Google Experts

Opsi menambah anggota keluarga/user

Keuntungan ekstra untuk member

Rp43.000,- per bulan

Rp430.000,- per tahun

2TB Akses ke Google Experts

Opsi menambah anggota keluarga/user

Keuntungan ekstra untuk member

Rp135.000,- per bulan

Rp1.350.000,- per tahun

Demikian artikel  mengenai Google One yang bakal jadi pengganti Google Drive di masa depan. Dengan kapasitas lebih besar, harga lebih murah, dan fitur yang lebih banyak, Google One juara

 

 

You May Also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments