Kenapa Produk China Sangat Murah? Ini Rahasianya

Sadar atau enggak, apapun yang berlabelkan Made In China, sebagian besar harganya kebanyakan murah meriah?

Dulu, banyak orang menuduh barang produksi china adalah barang berkualitas rendah. Tapi di era serba teknologi seperti sekarang ini, pernyataan tersebut enggak sepenuhnya benar loh, teman. Kenapa?

Dan, jika ada barang made in china ternyata kualitas bagus, namun masih murah juga. Bagaimana tuh?

Setelah saya cari digoogle, ternyata ada beberapa faktor loh yang mempengaruhi kenapa harga barang di china bisa sangat bersaing dengan barang made in negara lain, apa saja faktor tersebut?

 

1. Biaya Pekerja

Yap, betul. Jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) mereka yang sangat berlimpah bikin banyak orang rela melakukan apa saja untuk mendapat pekerjaan, meski enggak memperoleh bayaran yang bisa dikatakan pantas untuk pekerja.

Di sisi lain, China juga mulai menggeser pekerja manusia dengan mesin. Alhasil, semakin rendah pula biaya yang perlu dikeluarkan untuk para pekerja

 

2. Pembatasan Impor Komponen

Pemerintah China menurunkan biaya impor komponen barang untuk pembuatan produk. Mereka justru melatih pekerjanya untuk menciptakan komponen produk sendiri, nih. Keren ga tuh!

Menuru TheEconomist (Majalah Berita dan peristiwa internasional), impor komponen mereka (China) mencapai 60% di tahun 1990, tapi saat ini sudah menurun hingga 35%. Dengan begitu, biaya produksi dapat ditekan sehingga harga barang jual bisa semakin rendah

 

3. Kebijakan Pemerintah

Pemerintah China sangat berpihak pada sektor bisnis yang berkembang disana, seperti memberikan kemudahan dalam perizinan, hingga membebaskan pajak.

Pada kasus tertentu, pemerintah China juga memberi aturan untuk perusahaan asing yang ingin berekspansi ke negaranya, dengan menempatkan pekerja china di posisi penting dalam perusahaan

 

4. Pajak

Eksportir China bisa kembali mendapatkan biaya pajak yang mereka keluarkan, bila produk yang dijual memberikan nila tambah, dan dikirim dalam julmah yang besar.

Soalnya, china merupakan salah satu negara yang menerapkan Value Added Tax (VAT) atau pajak pertambahan nilai. Jadi, setelah diekspor, biaya pajak yang dibayarkan perusahaan bisa diganti 100% oleh pemerintah

 

5. Menciptakan Produk Tiruan

Sudah bukan rahasia lagi kalau China telah meniru banyak produk ternama, kemudian membuat produk baru yang hampir sama dengan nama yang sedikit berbeda.

Dengan, menjiplak’ produk lain ini, perusahaan bisa mengurangi biaya pengembangan dan penelitan atau biasa disebut (Research and Development). Otomatis biaya produksi pun jadi lebih murah lagi.

 

Nah itulah beberapa faktor yang menyebabkan produk made in china harganya bisa sangat bersaing dikalangan produk made in dari negar lain,

Namun, alangkah lebih baik jika kita sebagai warga negara mulai mencoba produk lokal kita sendiri ya, teman!

Salam UMKM

You May Also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments