Asal Usul Seserahan Dalam Sebuah Pernikahan

 


Seperangkat alat sholat adalah seserahan wajib bagi calon pengantin muslim dalam adat jawa. Hal ini sebagai simbol bahwa pernikahan yang akan dilangsungkan antara suami istri harus senantiasa berpegang teguh pada nilai agama. Tiang agamnya itu sendiri adalah sholat.

2. Cincin nikah


Cincin nikah biasanya akan diberikan satu set. Satu untuk pengantin pria, satunya untuk pengantin wanita. Namun sebaiknya bagi pengantin muslim, cincin sang pria tidak berupa emas. Cincin bisa diganti dari yang berbahan monel atau kuningan, sedangkan calon pengantin muslimah tetap diperbolehkan menggunakan cincin yang terbuat dari emas. Mengenai berapa karat yang akan dikenakan sang mempelai wanita, semuanya tergantung kesepakatan. Diusahakan jangan memberatkan. Cincin itu sendiri adalah sebagai simbol pengikat hubungan kedua pasangan agar bisa terus bersama sampai akhir hayat.

3. Perhiasan


Selain cincin yang diberikan dari calon pasangan pria kepada caloin pasangan wanita, apabila sang pria memiliki kemamampuan lebih biasanya mempelai pria akan memberikan perhiasan berupa liontin, gelang dan kalung emas. Tak jarang mereka memberikan perhiasan yang bertahtakan berlian sehingga tampak lebih bersinar apabila dikenakan oleh pengantin putri kelak ketika telah dipersuntingnya.

4. Seperangkat busana wanita


Bagi adat jawa memberikan pakaian seperti selendang atau kain batik adalah hal penting karena disitu mengandung maksud bahwa setiap pihak, baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus pintar menyimpan rahasia rumah tangga mereka dari siapapun.

5. Buah-buahan


Biasanya buah yang diberikan dalam seserahan adalah pisang, anggur, jeruk, apel. Harapannya akan memberikan kesegaran dalam membina kemesraan dan cinta sepasang calon pengantin.

6. Makanan tradisional


Nah, untuk makanan tradisional dalam adat jawa mereka memberikan beras ketan yang berwujud wajik, jenang, kue lapis, dan jadah. Keinginannya adalah agar cinta mereka berdua dapat lengket selalu sebagaimana jenis makanan tersebut.

7. Suruh ayu


Makna pemberian suruh ayu adalah untuk mendoakan keselamatan dan kebahagiaan kedua pengantin dalam mengarungi mahligai perkimpoian.

8. Peralatan Rias atau makeup


Peralatan rias atau makeup dimaksudkan adalah untuk menjaga penampilan calon istri agar selalu tampil cantik dan prima dalam kehidupan berumah tangga.

9. Sepatu, sandal, selop


Haruskah Seorang Lelaki Melakukan Seserahan Saat Meminang Perempuan?

jika seorang pria hendak meminang/melamar wanita, apakah dalam agama di haruskan seorang pria membawa uang seserahan untuk diserah terimakan ke pihak perempuan dan apakah hari itu juga di putuskan tanggal dan hari penetapannya? di haruskan atau tidak, jika ya alasannya apa? dan jika tidak alesannya apa?

Untuk penetapan tgl/hari resepsi mengapa orang selalu menyebut cari hari baik untuk hari resepsinya, sedangkan hari yg di ciptakan allah swt baik semua. jika kita sebagai muslim bagaimanakah untuk penentuan tgl/hari yg menurut sunah rasul ? mohon penjelasannya?

apakah kita sebagai orang islam ada keharusan untuk menentukan hari/tanggal resepsi disesuaikan dengan hari lahir si wanita dan pria nya ?

Jawaban

1.Pada waktu meminang tidak diharuskan seseorang untuk membawa seserahan. Hal itu kembali ke etika saja. Secara hukum tidak ada kewajiban.Kalau bicara etika tentu sangat dianjurkan karena untuk mempererat hubungan diantara mereka.

2.Pada waktu itu tidak diharuskan menentukan hari. Secara hukum tidak ada keharusan. Lagi-lagi ini disesuaikan menurut kebutuhan masing-masing pihak saja.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *