Benarkah Ram 4GB Smartphone Gak Layak di Tahun 2020

Random Access Memory atau RAM adalah memori yang digunakan untuk membantu kerja prosesor, yaitu menyimpan file atau data yang sifatnya sementara.

Meski begitu, RAM bisa membuat pemrosesan aplikasi berjalan lebih cepat alias nggak loading lama atau lola.

Saat ini, RAM smartphone memiliki kapasitas yang beragam dan semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Kapasitas RAM smartphone pun sangat beragam, mulai dari 1GB hingga 12GB yang terbesar saat ini. Lalu, apakah RAM 4GB di smartphone masih layak di 2020, geng?

Apakah RAM 4GB di HP Sudah Nggak Layak di 2020?

Kalau melihat beberapa komentar di Reddit, pertanyaan ini ternyata mendapat cukup banyak perhatian. Tanggapannya pun ada yang setuju dan nggak setuju, geng.

Misalnya seperti yang ditulis oleh user dengan ID Rotarymeister. Menurutnya, penggunaan aplikasi basic seperti Docs dan Drive, serta beberapa game nggak menimbulkan masalah pada Samsung S7 Edge miliknya.

Game Online 1024x679 Custom 3f8a1

Komentar positif juga datang dari user dengan ID Noligation sebagai pengguna Xiaomi Redmi Note 7 Pro. Menurutnya, smartphone tersebut bisa menjalankan game Call of Duty Mobile dan PUBG Mobile pada pengaturan tertinggi tanpa kendala.

Selain komentar positif, ada juga komentar negatif alias nggak setuju kalau RAM 4GB masih layak di tahun 2020. Misalnya komentar dari user dengan ID 644c656f6e yang berpendapat bahwa pecinta gaming membutuhkan setidaknya RAM 6GB.

Sebab, ukuran aplikasi akan semakin besar dan lebih membutuhkan lebih banyak storage dalam setiap update terbarunya seperti PUBG Mobile.

Perbandingan Kapasitas RAM

Menurut Jaka, RAM 4GB di smartphone memang masih cukup baik untuk sekadar mengggunakan aplikasi ringan, atau untuk bermain game saja. Tapi, semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak pula aplikasi yang bisa dijalankan dengan lancar.

Sebagai contoh, saat kamu memainkan game di smartphone, tapi kemudian kamu harus menerima panggilan masuk. Selesai menelepon, kamu pun kembali pada game tersebut.

Saat menelepon, sebenarnya smartphone menyimpan game tersebut dalam memori. Ketika selesai menelepon dan kembali membuka game, game tersebut seharusnya langsung muncul.

Logona Custom 3c7b9

Dengan kata lain, kamu menutup aplikasi untuk sementara, tapi kamu akan segera menggunakannya kembali, geng.

RAM yang luas memungkinkan kamu menyimpan lebih banyak aplikasi pada memori tersebut. Tanpa perlu di-reload, seluruh aplikasi tersebut akan langsung muncul kembali dengan lancar.

Meski begitu, dilansir dari artikel sebelumnya, performa smartphone tetap bergantung pada cara penggunaannya juga.

Bagaimana Tanggapan Pakar Smartphone?

Menurut John Poole, pakar Geekbench 4, RAM 4GB sudah cukup untuk penggunaan harian. Sebab, rata-rata pengguna smartphone hanya menggunakan 9 aplikasi per hari dan hampir 30 aplikasi selama sebulan.

Selain itu, kapasitas RAM yang digunakan pun ternyata hanya 2,3GB per hari untuk mengoperasikan 47 aplikasi pada smartphone yang memiliki RAM 4GB, geng.

Angka yang nggak terlalu besar kan, geng? Tapi tetap saja, banyak perangkat Android yang menawarkan kapasitas RAM super besar, misalnya 8GB hingga 12GB.

Berbeda dengan Android, iPhone hanya menawarkan kapasitas RAM yang nggak terlalu besar, misalnya 2GB atau 4GB.

Iphone App Switcher 1200x675 Custom 4bab7

Pada iPhone, kapasitas RAM tersebut tetap bisa memberikan performa yang sangat baik. Pasalnya, iPhone dibekali dengan sistem operasi iOS yang tentu berbeda dengan sistem operasi Android.

Selain itu, iPhone menggunakan prosesor tersendiri dan sangat mengontrol software di dalamnya. Penggunaan RAM pada iPhone pun sangat efisien.

Kesimpulan

Tapi di tahun 2020 ini, kapasitas RAM yang baik menurut Jaka setidaknya harus 6GB, geng (kalau ingin membeli HP Android).

Kapasitas ini bisa memberikan performa yang lebih baik dengan jumlah penggunaan aplikasi yang lebih banyak dalam waktu bersamaan.

Meski begitu, kinerja smartphone tidak hanya bergantung pada ukuran RAM. Melainkan pada faktor lainnya seperti prosesor, memori internal, hingga baterai.

Jadi, sah-sah saja kalau kamu masih ingin membeli HP dengan RAM 4GB di tahun 2020 ini! Nggak ada yang melarang, kok!

Akhir Kata

Sekali lagi, penggunaan RAM 4GB ternyata memang masih cukup di tahun 2020. Tapi penggunaan yang disarankan hanya untuk aplikasi ringan atau game tanpa membuka aplikasi lain.

Jika ingin performa smartphone lebih lancar, tentu HP dengan RAM 6GB akan jauh lebih maksimal ketika digunakan.

Jadi, kembali lagi pada diri sendiri. Apakah biasanya kamu menggunakan beberapa aplikasi sekaligus, atau hanya sekadar menggunakan aplikasi basic saja?

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *