Inilah Keunikan Logam Palladium Yang Perlu Diketahui

Pengertian Palladium Beserta Penjelasannya – Palladium adalah suatu unsur kimia yang memiliki lambang Pd dengan nomor atom 46 dan yang paling padat serta memiliki titik leleh terendah. Logam platinum merupakan Kelompok 8-10 (VIIIB), Periode 5 dan 6, dari tabel periodik. Digunakan terutama sebagai katalis yaitu zat yang mempercepat reaksi kimia tanpa mengubah produk mereka dan paduan. Sebuah logam abu-abu putih yang sangat berharga, paladium sangat ulet dan mudah bereaksi dikarenakan Palladium tidak ternoda oleh atmosfer pada suhu biasa. Oleh karena itu, logam dan paduannya menjadi pengganti platinum di perhiasan dan kontak listrik. Jumlah yang relative sangat kecil dari paladium sebagai paduan emas menghasilkan emas putih terbaik.

 

Inilah Keunikan Logam Palladium Yang Perlu Diketahui

 

Palladium merupakan salah satu logam platinum yang paling banyak dan terjadi pada kerak bumi di kelimpahan 0,015 bagian per juta. Untuk sifat mineralogi dari palladium, lihat unsur asli yang ada di tabel. Dan Palladium juga membuat paduan dengan platinum alami. Palladium pertama kali diisolasi pada tahun 1803 dari platinum mentah oleh kimiawan dan fisikawan yang berasal dari Inggris William Hyde Wollaston. Dia menamakan unsur ini Palladium karena ingin menghormati asteroid baru yang ditemukan di Pallas. Palladium juga dikaitkan dengan beberapa sejumlah logam bijih emas, perak, tembaga dan nikel. Palladium umumnya diproduksi secara komersial karena digunakan sebagai produk sampingan dalam pemurnian logam bijih tembaga, dan nikel. Negara Rusia, Afrika Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat termasuk produsen terkemuka dari palladium di dunia di awal abad ke-21.

Permukaan logam palladium adalah katalis yang sangat baik untuk reaksi kimia yang melibatkan hidrogen dan oksigen, palladium menyerap hidrogen lebih dari 900 kali volumenya sendiri, contohnya mengembang, menjadi lebih keras, lebih kuat, dan kurang ulet. Penyerapan yang dilakukan dapat menyebabkan kedua konduktivitas listrik dan kerentanan magnetik menurun. Sebuah logam atau hidrida alloylike terbentuk karena hidrogen dapat dihilangkan dengan meningkatnya suhu dan tekanan rendah. Jika hidrogen mengalir cepat melalui logam pada suhu tinggi, tabung paladium yang dipanaskan akan tahan terhadap gas lain yang berfungsi sebagai membran semipermeabel dan digunakan untuk melewati hidrogen masuk dan keluar dari sistem gas tertutup untuk pemurnian hidrogen.

 

Inilah Keunikan Logam Palladium Yang Perlu Diketahui

Palladium lebih reaktif daripada logam platinum lainnya, karena Palladium lebih mudah berreaksi dengan asam daripada logam platinum lainnya. Paladium alami terdiri dari beberapa campuran enam isotop stabil: palladium – 102 (1,02 persen), palladium – 104 (11,14 persen), palladium – 105 (22,33 persen), palladium – 106 (27,33 persen), palladium – 108 (26,46 persen) , dan palladium – 110 (11,72 persen).

 

 

 

 

 

Properti elemen palladium

nomor atom 46
berat atom 106,40
titik lebur 1.552 ° C (2826 ° F)
Titik didih 2927 ° C (5301 ° F)
berat jenis 11,97 (0 ° C)
oksidasi negara +2, +4
konfigurasi elektron [Kr]4d10

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *