5 Tips Menghilangkan Jerawat Buta

5 Tips Menghilangkan Jerawat Buta. Jerawat buta atau blind pimple adalah jerawat yang tumbuh di bawah permukaan kulit. Jerawat buta umumnya tidak bisa terlihat dengan jelas dari luar, akan tetapi kita dapat merasakannya dengan meraba permukaan kulit wajah dengan jari. Jerawat buta biasanya muncul di area kulit dengan kelenjar minyak yang banyak, seperti wajah, leher, bahu, punggung, dan dada.

Jerawat buta terjadi jika komedo tidak dapat keluar dan berkembang di dalam kulit. Jerawat buta akan terasa sakit jika berada jauh di dalam lapisan kulit. Namun, tak perlu khawatir, ada sejumlah cara untuk mempercepat proses penyembuhannya.

5 Tips Menghilangkan Jerawat Buta

1. Jaga kebersihannya

Selain badan yang harus dibersihkan, wahjahpun juga bagian yang sangat penting untuk dibersihkan. Jika Anda memiliki Jerawat Buta maka Anda harus selalu menjaga area sekitar jerawat buta. Pastikan area di sekitar jerawat tetap bersih, dan jangan menyentuhnya. Hindari menggunakan makeup di area ini sampai jerawat sembuh.

2. Jangan pernah memencet jerawat buta

Mencoba memencet jerawat buta dapat menyebabkan luka, bahkan infeksi. Memencetnya juga berisiko mendorong isi jerawat, yakni campuran minyak, sel kulit mati, dan bakteri, lebih dalam ke dalam kulit. Ini dapat menyebabkan kulit semakin meradang.

3. Kompres dengan air hangat

Mengompres dengan air hangat dapat membuka pori-pori, yang mendorong jerawat segera ‘keluar’. Rendam waslap dalam air panas, lalu kompres jerawat selama 10-15 menit. Ulangi sebanyak 3-4 kali sehari sampai jerawat akhirnya keluar dan melepaskan nanah.

4. Gunakan tea tree oil

Tea tree oil memiliki kandungan zat antibakteri yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat buta. Oleskan tea tree oil pada jerawat buta sebanyak dua kali sehari untuk meredakannya.

5. Pakai stiker jerawat

Kini sudah banyak merek yang membuat stiker jerawat yang ditempelkan di atas jerawat buta. Stiker itu biasanya mengandung zat yang dapat mengobati jerawat, seperti asam salisilat. Stiker ini dapat melindungi jerawat buta dari kotoran dan debu saat Anda keluar rumah.

sumber. https://womantalk.com/beauty/articles/5-cara-ampuh-hilangkan-jerawat-buta-DP1ZP

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *